RPJMD Sumbar Jawab Persoalan Masyarakat


 Foto bersama usai pembukaan musrenbang. (humas)


PADANG-Gubernur Mahyeldi Ansharullah membuka musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Sumbar 2021-2026 di Pangeran Beach Hotel, Kamis (6/5/2021).

Mahyeldi menyebutkan, di awal kepemimpinanya bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy melakukan berbagai pencanangan program yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dengan berpedoman pada visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih.

Mahyeldi mengatakan, Sumbar baru pertama yang melaksanakan Musrenbang RPJMD bagi daerah yang menyusun RPJMD berdasarkan pilkada 2020. Musrenbang sebagai proses awal pembangunan harus dilaksanakan sebagai wujud kesadaran pemerintah daerah dalam perencanaan yang menuntut akuntabilitas terkait anggaran.

Banyak tantangan dan permasalahan yang akan dihadapi pada 2021-2026. Visi dan misi pembangunan jangka menengah daerah 2021-2026 diupayakan dapat menjawab tantangan dan permasalahan tersebut, sehingga diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ke depan kita tidak hanya fokus pada kerja, tetapi kinerja yang berorientasi hasil atau outcome. Perlu dukungan dan penyempurnaan dari seluruh komponen pemangku kepentingan yang terlibat," ucap Mahyeldi.

Diperlukan optimalisasi proses perencanaan berbasis program yang mendukung pencapaian visi dan misi serta program unggulan yang tertuang dalam Rancangan RPJMD yang dibahas bersama.

"Pencapaian ini bisa terwujud dengan niat, upaya dan tekad bersama dalam berkoordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antara pemerintah provinsi dengan kabupaten dan kota serta senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat dan perantau minang yang tersebar di seluruh belahan dunia," katanya.

Menurut Mahyeldi, tentunya segala rencana dan harapan yang dirumuskan dalam rancangan RPJMD dapat dicapai dengan adanya dukungan penuh dari semua pihak. Peran serta seluruh elemen sesuai dengan posisi dan kewenangannya menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam membangun Sumatera Barat. 

"Kami akan segera bekerja terutama untuk mencapai target-target jangka pendek dan jangka menengah untuk mewujudkan Sumatera Barat madani yang unggul dan berkelanjutan," katanya.

Hadir dalam musrenbang itu, Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Wakil Ketua DPRD, para ketua ketua komisi dan anggota DPRD, Pj Sekretaris Daerah, ataf ahli, asisten, kepala OPD dan kepala biro di lingkungan pemerintah serta pimpinan perguruan tinggi dan Organisasi kemasyarakatan. (BIRO HUMAS SETDAPROV SUMBAR)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama