Puluhan Positif Covid-19, Warga Binaan Rutan Batusangkar Dipisahkan


BATUSANGKAR-Sebanyak 44 warga binaan pemasyarakatan dan sembilan petugas di rumah rahanan Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid-19.  

Menyikapi hal ini, Bupati Eka Putra menggelar rapat terbatas, Rabu (5/5/2021) malam. Diputuskan lockdown terhadap rumah tahanan itu.

Eka Putra mengatakan, dalam rapat terbatas yang dihadiri Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan ini pihaknya berkoordinasi intensif dengan pihak rutan. Disepakati, seluruh warga binaan yang positif dipisah dengan yang negatif tetapi tetap dalam rutan Batusangkar. 

Ditemukannya puluhan napi positif covid-19 ini berawal dari adanya laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar, Yesrita Zedrianis kepada bupati tentang dua warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Mendapatkan laporan ini, bupati memerintahkan kepala dinas agar melakukan testing dan tracing secara menyeluruh kepada seluruh warga binaan dan petugas. "Hasilnya 44 warga binaan dan 9 petugas terkonfirmasi positif covid-19," jelas Eka Putra yang dikutip dari laman resmi pemerintah kabupaten. 

Menurut Eka, menyikapi hal ini pihaknya akan semakin menggencarkan testing dan tracing. Meski banyak kasus yang ditemukan, tidak masalah karena bisa diantisipasi lebih cepat. 

"Dalam teorinya, semakin banyak testing maka akan semakin banyak kasus. Ini lebih baik dari pada sedikit testing dan sedikit kasus," ujarnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama