1.151 Warga Ikuti Gebyar Vaksinasi Massal

 

Warga jalani tahapan vaksinasi. (kominfo)



PADANG PANJANG–Upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di Kota Padang Panjang, 1.151 orang divaksinasi dalam gebyar vaksinasi massal yang diadakan Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Polres Padang Panjang dan  Kodim 0307/TD.


Dikatakan Kepala Dinkes, Nuryanuwar, gebyar vaksinasi massal ini dilaksanakan Jumat dan Sabtu. Selama dua hari tersebut, kegiatan vaksinasi difokuskan di empat lokasi berbeda. Di antaranya di Koramil 01/PP, Mapolres, Puskesmas Bukit Surungan, dan Puskesmas Kebun Sikolos. Vaksinasi massal ini, Dinkes masih mengunakan vaksin Sinovac dan ditargetkan untuk semua kalangan, baik itu pelayan publik, lansia maupun masyarakat umum.

“Setelah dilakukan evaluasi, pelaksanaan vaksinasi mulai dari tahap I sampai tahap II, persentasenya masih 60 persen. Ini belum sesuai dengan yang kita harapkan, karena kita menargetkan minimal persentasenya di angka 70 persen dari jumlah penduduk Padang Panjang,” ungkapnya yang dikutip dari Kominfo.

Dikatakannya lagi, vaksinasi yang dilakukan ini juga sesuai dengan program pemerintah pusat yang diadakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Apabila dalam dua hari ini masih ada masyarakat yang belum berkesempatan untuk ikut divaksin, Dinkes bekerja sama dengan TNI/Polri akan tetap melayani vaksinasi untuk masyarakat.

Danramil 01/PP, Kapten Inf. Rudi Saragih mengatakan, kegiatan ini merupakan petunjuk dari pimpinan agar semua masyarakat di Padang Panjang divaksin.

“Langkah-langkah kita, berkerja sama dengan kecamatan, kelurahan, RT maupun instansi terkait, agar semua masyarakat dihadirkan untuk vaksinasi yang terjadwal hanya dua hari. Tetapi kalau misalkan vaksin masih ada, kita akan kerahkan sampai vaksin habis,” tegasnya.

Kapolres, AKBP Apri Wibowo menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi massal ini juga bertepatan dengan momentum perayaan ulang tahun Polri ke-75, dengan mengadakan vaksinasi serentak di 34 wilayah Polda yang bertemakan serbuan vaksinasi nasional, sehari satu juta orang serentak.

“Di samping melaksanakan kegiatan HUT Bhayangkara ini, kita mencoba membantu pemerintah untuk menyukseskan program vaksinasi di Padang Panjang. Kita juga memfasilitasi warga yang termasuk dalam wilayah hukum Polres Padang Panjang yang berada di luar Padang Panjang, seperti warga Batipuh dan X Koto,” jelasnya.  (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama