Covid-19 Meledak, Naik 381 Persen

 


JAKARTA-Masyarakat jangan lagi menanggap remeh corona. Jangan percaya lagi dengan kabar tak jelas tentang virus. Corona kini kian menakutkan. Tak bisa lagi dianggap enteng. Kasus konfirmasi positif di Indoneia kian bertamba, bahkan bisa disebut meledak.


Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyebut Corona sudah masuk fase puncak kedua. Puncak kedua terjadi dengan lonjakan kasus lebih tinggi dari puncak pertama, usai sepekan belakangan kasus harian melampaui 20 ribu.

Peningkatan kasus puncak kedua juga terlihat dari jumlah kasus mingguan. Di puncak pertama, tercatat 89.902 kasus,  di puncak kedua, jumlah kasus mingguan mencapai 125.396. "Hal ini menandakan second wave atau gelombang kedua kenaikan kasus di Indonesia," jelas Wiku dalam rilis Satgas, Rabu (30/6/2021).

Kenaikan di puncak kedua melonjak dengan cepat dibandingkan puncak pertama. Butuh waktu 13 minggu dari kasus terendah mencapai puncak pertama, dengan peningkatan 283 persen. Yang terjadi di puncak kedua relatif lebih singkat, dalam enam pekan kenaikan kasus melonjak lima kali lipat, kenaikan mencapai 381 persen.

Kenaikan kasus terjadi usai Indonesia dinilai berhasil mengalami penurunan kasus dari puncak pertama, selama 15 minggu menurun hingga 244 persen. Dalam catatan satgas, tiga provinsi berkontribusi besar pada peningkatan kasus, masing-masing Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. (*) 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama