Guru SMAN 3 Padang Panjang Raih Dua Penghargaan Internasional

  Fitra Murni AR, guru hebat dari Padang Panjang. (kominfo) 



PADANG PANJANG-Dua penghargaan internasional kembali diraih Fitra Murni AR, pada bulan ini. Guru SMAN 3 Padang Panjang ini berhasil mendapat dua penghargaan sekaligus, Outstanding English Teacher of the Year dan Outstanding Teacher for Innovation in Teaching pada ajang Global Education Summit and Awards 2021, India.

Penganugerahan awards ini diberikan untuk 100 pemenang penghargaan dari 20 negara dengan kategori berbeda. Acaranya diadakan secara virtual melalui zoom meeting pada Minggu, (6/6/2021).

 Miss Fit (panggilan akrab Fitra-red) menceritakan betapa terharunya saat namanya dan SMAN 3 Padang Panjang, Indonesia dibacakan MC. “Air matapun jatuh tanpa disadari seperti bermimpi dan rasa syukur kepada Sang Khalik atas nikmat yang telah diberikan.  Maklumlah, saya cuma seorang guru biasa,” ceritanya yang dikutip dari Kominfo.

Miss Fit mengatakan, dua penghargaan ini diperoleh melalui seleksi dari Tim Juri Global Education Leaders Summit and Awards berdasarkan prestasi yang diperolehnya di bidang pendidikan baik dari tingkat kota, provinsi, nasional dan internasional. 

Di antaranya juara I guru berprestasi tingkat kota Padang Panjang (2011, 2014, 2017), penghargaan salah seorang penulis terbaik Padang Panjang dari wali kota (2019), Prestiged Teacher dari FKP Palanta (2020),  juara III guru berprestasi tingkat SMA se-Sumatera Barat (2014, 2017), guru teladan mendampingi siswa berprestasi Sumatera Barat dari Kementerian BUMN (2016), Satya Lencana dari Presiden RI (2015), guru Australia-Indonesia Bridge School Partnership Program, Asia Education Foundation (2018), pertukaran guru Indonesia-Korea, APCIEU, UNESCO (2019), Outstanding Senior Secondary Teacher Award dari International Education Summit Awards, Bangkok, Thailand (2020), dan Distinguished Higher Secondary Teacher Awards, Nepal, India (2020), Global SDG’s Ambassador Award, IYS Malaysia (2020), Global SDG’s Woman Ambassador, IYS Malaysia (2021), Outstanding Teacher for Contribution in the Field of Education, World Education Leaders Summit and Awards, India, dan Apresiasi 5 guru terbaik 2021 dari PLN Wilayah I Sumbar.

Dia menjadi narasumber di tingkat kota, provinsi dan pembicara di konferensi internasional. Bahkan, menulis buku Bahasa Inggris dan buku terkait di bidang pendidikan yang sudah diterbitkan. Di antaranya ‘Teaching Aids’, ‘Cerahkan Dunia Pendidikan’, ‘The List of English Adjectives’, ‘Bridge Antarkan Segudang Prestasi’, dan ‘Wujudkan Pendidikan yang Bermartabat’  yang berhasil mengantarkannya menerima penghargaan dari wali kota tahun 2019. 

Miss Fit juga sering membuat karya tulis berupa artikel populer di media cetak. Bahkan sudah melakukan beberapa kali penelitian di bidang Bahasa Inggris  yang sudah masuk jurnal dan proceeding internasional. Tambah lagi, ada beberapa kegiatan yang nyadiikuti sebagai Teacher Coordinator/Teacher in Charge pada kegiatan internasional. 

Di antaranya, Asia- Australia Bridge School Partnership Project yang disponsori Asia Education Foundation. Lalu ALCoB Project melibatkan sekolah  di Korea, Malaysia, Rusia yang disponsori Institute of APEC Collaborative Education, Impact of Youth Sustainability (IYS) yang diikuti lebih kurang 120 negara. Dan, Global Social Leaders Project yang melibatkan sekolah dari Sri Lanka, India, Pakistan, United Kingdom dan Lebanon.  

“Berdasarkan prestasi dan inovasi yang dilakukan, maka pada bulan Mei, tim juri Global Education Summit and Awards 2021 menyatakan saya berhasil menjadi pemenang untuk dua kategori Outstanding English Teacher of the Year dan Outstanding Teacher for Innovation in Teaching,” ungkapnya.

Penghargaan ini, kata Miss Fit, juga penghargaan buat semua, khususnya keluarga besar, civitas SMAN 3, Pemko, Kacabdin Wilayah I Bukittinggi , Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Kemendikbud. 

“Khususnya dipersembahkan bagi pendidikan di Padang Panjang, kota tempat saya mengabdi ini. Tanpa dukungan dan doa yang diberikan kepada saya, tidak mungkin penghargaan ini bisa saya raih,” pungkasnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama