881 Warga Terima Vaksin Dosis Pertama dan Kedua

Petugas layani warga yang hendak vaksinasi di Padang Panjang. (kominfo)


PADANG PANJANG-Sebanyak 881 warga mengikuti layanan vaksinasi Covid-19, Jumat (9/7/2021). Hari ketiga pelaksanaan vaksinasi di kelurahan ini, digelar di Kelurahan Balai-Balai dan  Pasar Usang yang berada di Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB),  serta di Kelurahan Koto Katik dan Ekor Lubuk di Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), serta di markas Komando Rayon Militer (Koramil) 01/PP.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes), Rahmaisa, SKM mengatakan, di Pasar  Usang vaksinasi dosis pertama untuk lansia diikuti 8 orang, pelayan publik 63 orang, masyarakat umum 48 orang, remaja 10 orang. Untuk vaksin dosis dua, diberikan kepada pelayan publik 31 orang dan masyarakat umum delapan orang. “Total 168 warga di Kelurahan Pasar Usang yang ikut vaksinasi hari,” sebutnya yang dikutip dari Kominfo.

Di Kelurahan Balai-Balai, kata Rahmaisa, vaksin dosis pertama diterima 15 lansia, pelayan publik 78 orang, masyarakat umum 69 orang, dan Sembilan remaja. Sedangkan vaksin dosis kedua untuk dua orang pelayan publik. Total 173 orang dilayani di kelurahan ini.

“Di Koto Katik, vaksin dosis pertama disuntikan ke 11 orang lansia, 126 masyarakat umum, dan remaja 16 orang. Untuk vaksin diberikan ke satu orang warga. Total 154 orang yang hadir dan divaksin di Koto Katik,” ungkapnya.

Sementara itu di Ekor Lubuk, ada 197 orang yang divaksinasi. Dengan rincian, vaksin dosis satu diberikan untuk 23 lansia, 25 pelayan publik, 127 masyarakat umum dan 22 remaja. Vaksin dosis kedua untuk seorang  lansia dan dua masyarakat umum. 

Sedangkan di markas Koramil, sebanyak 189 orang dilayani. Terdiri dari 11 lansia, 91 masyarakat umum dan 11 remaja menerima vaksin dosis pertama. Vaksin kedua untuk 76 masyarakat umum .

Masyarakat yang mengikuti vaksinasi Covid-19 ini, menyambut baik kegiatan tersebut. Terbukti dari animo masyarakat yang hadir. 

M. Nasir, warga RT 3 Koto Katik menuturkan, vaksinasi sebagai ikhtiar menjaga keselamatan jiwa agar terhindar dari virus Corona. "Ketika diinformasikan adanya vaksinasi, saya menyambut baik. Makanya hari ini saya ikut divaksin untuk dosis pertama. Semoga tercegah dari Covid-19," harapnya.

Revi Rahmadini, warga Gang Garuda, Kelurahan Balai-Balai menyampaikan, selain untuk pencegahan Covid-19, vaksinasi saat ini menjadi prasyarat dalam mengurus berbagai keperluan administrasi."Kartu bukti telah divaksinasi jadi syarat berbagai keperluan, contohnya untuk melamar pekerjaan," sebutnya. 

Kepala Dinkes, Nuryanuwar menyampaikan, ketersediaan vaksin hingga saat ini tak perlu dikhawatirkan, karena cukup untuk menyasar masyarakat Padang Panjang. Silahkan datang ke lokasi pelayanan di tiap-tiap kelurahan dengan menunjukkan KTP atau KK," tuturnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama