Italia Juara Eropa, Gareth Southgate Sedih

Gareth Southgate

LONDON-Italia akhirnya menjadi juara Euro 2020, usai mengalahkan Inggris 3-2 dalam drama adu penalti. Kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, tidak ingin banyak beralasan setelah gagal menjuarai Euro 2020. Skuat Tiga Singa harus takluk di tangan Italia melalui drama adu penalti di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin (12/7/2021) dinihari WIB.

"Kami benar-benar kecewa. Yang paling pertama tentu pemain harus diberi penghargaan karena sudah berusaha maksimal," kata Southgate seperti dilansir BBC Sport, Senin (12/7)

Southgate berpendapat anak asuhnya sudah tampil apik di sepanjang pertandingan. Hanya saja, tim lawan berhasil menguasai lebih banyak bola sehingga menyulitkan Inggris untuk menggandakan keunggulan.  "Terutama di babak kedua, para pemain sudah bekerja dengan sepenuh hati tetapi semuanya sirna. Yang jelas, suasana di ruang ganti sangat menyedihkan," ujarnya.

Inggris langsung main menyerang sejak menit pertama, dan mencetak gol di menit ke-3. Berawal umpan Kieran Trippier ke sisi kanan pertahanan Italia, Luke Shaw yang tanpa pengawalan langsung melepaskan tendangan first-time, dan menjebol gawang Donnarumma. 1-0 untuk Inggris.

Italia mendapatkan peluang pertama di menit ke-7 melalui tendangan bebas. Namun Lorenzo Insigne yang jadi eksekutor gagal memanfaatkannya setelah bola sedikit tinggi dari mistar gawang. Menit 34, Chiesa nyaris membobol gawang Jordan Pickford.

Namun tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti tersebut masih melebar tipis dari tiang gawang. Italia terus berusaha menyamakan kedudukan. Marco Verratti mencoba peruntungan dengan tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti. Sayang bola masih mengarah tepat ke kiper. Skor 1-0 untuk Inggris bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Italia terus berusaha mengejar ketertinggalan. Azzurri kembali mendapat peluang dari tendangan bebas pada menit 49 dari jarak yang ideal. Tapi lagi-lagi Insigne gagal memanfaatkan peluang tersebut karena tendangannya masih melebar.

Insigne kembali mengancam gawang Inggris pada menit 57. Tapi tendangan jarak dekatnya masih bisa dihalau Pickford. Chiesa hampir saja membuat Italia menyamakan kedudukan pada menit 61. Tapi aksi gemilang Pickford mampu menggagalkan tendangan Chiesa dari dalam kotak penalti.

Upaya Italia menyamakan kedudukan akhirnya berhasil pada menit 67. Berawal dari sundulan Verratti yang ditepis Pickford dan membentur tiang gawang, Leonardo Bonucci langsung menendang bola liar untuk merobek gawang Inggris. Skor 1-1 bertahan sampai waktu normal habis, dan lanjut ke extra-time atau perpanjangan waktu.

Namun selama setengah jam babak perpanjangan waktu berjalan, tidak ada gol tercipta. Sehingga pemenang ditentukan lewat adu penalti. Italia mampu unggul dalam adu penalti ini dengan skor 3-2, setelah tiga penendang Inggris, Rashford, Sancho, dan Saka, gagal menunaikan tugas dengan baik. Italia pun jadi juara Euro 2020. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama