Jangan Ada Konflik dalam Pilwana Batu Kalang

Para bakal calon wali nagari Batu Kalang foto bersama panitia. 


PADANG PARIAMAN-Panitia Pilwana Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman undang para bakal calon nali nagari untuk perbaikan administrasi, Jumat (9/7/2021) di aula kantor nagari setempat. 

Pjs. Wali Nagari Batu Kalang, Buyung Rayo mengharapkan pilwana dapat berjalan dengan baik dan lancar serta damai.  "Jangan ada terjadi konflik dalam pilwana tersebut. Pasalnya bakal calon yang sudah mendaftarkan dirinya merupakan putra terbaik," ujar Buyung Rayo. 

Ketua pilwana Batu Kalang, Rio Wisepsa berharap kepada balon wali nagari, untuk melengkapi dokumen yang belum lengkap. Dari hasil penelitian panitia ada dokumen yang belum lengkap, termasuk melengkapi dengan visi misi bakal calon.

Menurut Rio, masa perbaikan dari 12 -15 Juli 2021, sampai pukul 16.00.  "Balon yang tidak melengkapi sampai batas waktu yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri," ujarnya. 

Disampaikan Rio, bakal calon yang terdaftar tujuh orang. Apabila semuanya bisa melengkapi administrasi dokumennya akan ditetus kepada panitia kabupaten untuk diadakan ujian tambahan guna mencari lima orang yang akan dipilih. 

Dijelaskan Rio, panitia nagari diberi wewenang untuk menilai dokumen Balon. Sedangkan, ujian tambahannya tugas panitia kabupaten. 

Rahmat, salah seorang bakal calon saat diminta komentarnya, mengatakan sayangnya panitia tidak bisa diajak dialog dalam mempertahankan dokumen yang dianggap kurang lengkap dan harus diperbaiki. 

Salah satu contoh soal setempel terkesan tidak basah. Padahal surat itu asli dianggap foto kopi. Sebagai bakal calon terpaksa ikut saja apa yang disampaikan panitia. 

Menurut Rahmat, dalam pemeriksaan administrasi tentu harus dengan administrasi pula, seperti perbaikan stempel surat kepada instansi yang mengeluarkan. Harusya panitia menyurati instansi yang mengeluarkan surat tersebut. 

"Rio Wisepsa hanya menyampaikan dengan ucapan saja, surat itu harus diulang stempelnya," tutur Rahmat. 

Dari enam bakal calon, hanya enam orang yang hadir. (aa)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama