Dinas Kesehatan Kota Solok Latih 85 Kader Posyandu

 Pelatihan bagi kader posyandu di Kota Solok



KOTA SOLOK-Dinas Kesehatan selama dua hari, Kamis dan Jumat  mengadakan pelatihan puluhan bagi 85 kader posyandu balita se-Kota Solok guna menciptakan pemberdayaan masyarakat. Pelatihan di aula Dinas Kesehatan. 

Narasumber dari Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Niko Rianda Putra. Dia mengatakan,  posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh  untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

Hal itu guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Niko Risnda mengemukakan, dalam pelatihan ini para kader posyandu dibekali pengetahuan tentang persiapan yang perlu dilakukan sebelum posyandu dimulai. Langkah awal yang perlu dilakukan kader adalah menyebarluaskan hari buka posyandu, berikutnya mempersiapkan sarana, pembagian tugas antar kader,  berkoordinasi dengan petugas kesehatan, mempersiapkan bahan PMT (pemberian makanan tambahan) setelah itu barulah dilakukan penyuluhan.

“Kader membantu petugas kesehatan dengan tugas-tugas diantaranya melakukan penimbangan balita dan ibu hamil, mencatat hasil penimbangan di buku KIA atau KMS, mengisi buku register, mengukur lila Ibu hamil, membantu melakukan penyuluhan dan konseling kesehatan dan gizi sesuai hasil penimbangan serta pemberian makanan tambahan,” jelasnya.(SIS)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama