Kevin/Marcus Kandas, Hendra/Ahsan ke Semifinal

Hendra dan Ahsan. (detikcom)

PADANG-Dua pasangan bulutangkis Indonesia beda nasib. Pasangan nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tumbang di tangan ganda Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Kevin/Marcus di luar dugaan kalah dua gim langsung, 14-21 dan 17-21, dalam waktu 33 menit di Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Kamis (29/7). Sementara Hendra/Ahsan melaju ke babak berikutnya.


Marcus mengakui, permainannya dengan Kevin tidak lepas. "Lawan bermain lebih baik dari kami karena mungkin mereka tampil nothing to lose, sementara kami bermain di bawah tekanan," kata Marcus dalam keterangan dari Komite Olimpiade Indonesia.

Menurut Marcus, ia dan Kevin sebenarnya sudah siap menjalani laga ini. Sayangnya, hasilnya tak sesuai harapan. Kevin menilai lawan bermain lebih baik darinya. Kevin mengatakan, pemanasannya sudah baik. "Tapi, ya, memang lawan tampil baik saja. Persiapan juga maksimal, tapi hasilnya juga seperti ini. Terpenting, kami sudah berusaha semaksimal mungkin di sini," ujar Kevin.

Kegagalan Kevin/Marcus menyusu Gregoria Mariska Tunjung yang sebelumnya terhenti di babak 16 besar tunggal putri.


Hendra/Ahsan ke Semifinal

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan maju ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020 usai menang 21-14, 16-21, dan 21-9 atas pasangan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Di awal permainan di Court 2 Musashino Forest Sport Plaza, Hendra/Ahsan langsung pegang kendali walaupun pasangan Jepang juga terus membayangi. Hendra/Ahsan memimpin 11-5 saat interval gim pertama.

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda sempat sukses melakukan challenge untuk memperkecil ketinggalan pada kedudukan 12-18. Tapi The Daddies setelah itu kembali menjauh pada kedudukan 19-12.

Reli panjang setelah itu membuat Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mencapai game point 20-13. Pasangan Jepang sempat menambah satu poin lagi, sebelum akhirnya jumping smash Ahsan menutup gim pertama. Hendra/Ahsan merebut gim pertama 21-14 dalam waktu 15 menit.

Di gim kedua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 ini, pertarungan berebut angka berjalan alot. Skor 6-6 dalam periode 5 menit awal.

Selepas itu, pasangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda sempat menambah dua poin beruntun sebelum dipotong smes Ahsan. Tapi ganda putra Jepang akhirnya tetap unggul atas Hendra/Ahsan saat interval gim kedua, dalam skor 11-8.

Usai interval, Hendra/Ahsan terus memangkas ketinggalan skor sampai kedudukan 13-14. Tapi setelah itu pasangan Jepang mampu menjauh lagi sampai 17-13.

Pasangan Jepang akhirnya memastikan gim kedua jadi milik mereka setelah pukulan Hendra keluar lapangan. Hendra/Ahsan kalah 16-21 di gim kedua. Pertandingan akan ditentukan di gim ketiga.

Hendra/Ahsan merebut poin-poin awal di gim ketiga dan dengan cepat memimpin 8-0 atas lawannya. Setelah itu Jepang mampu bikin satu poin untuk menghentikan rentetan poin The Daddies, tapi pasangan Indonesia tetap mampu unggul 11-1 saat interval.

Usai interval gim ketiga, pasangan Jepang menambah dua poin beruntun sebelum Hendra/Ahsan bisa kembali menambah angka. Setelah itu kedua pasangan saling curi poin satu sama lain, dengan Hendra/Ahsan masih pegang keunggulan.

Pada akhirnya kemenangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dipastikan setelah duel 12 menit di gim ketiga, dengan skor 21-9. Hendra/Ahsan lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama