Manfaatkan Potensi Lokal untuk Mengganti Pupuk Kimia

 Wali kota buka pelatihan bagi peternak dan petani


KOTA SOLOK-Wali Kota Solok Zul Elfian Umar membuka pelatihan dan pembuatan pupuk dan pakan ternak organik berbasis sumber daya lokal di aula Balitbang, Kamis (21/7/2021).


Wali kota  menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Kepala Balitbang Sumatera Barat serta narasumber. Pelatihan untuk menggali potensi sumber daya lokal yang tersedia di sekitar pemukiman warga, sehingga dapat digunakan secara maksimal dalam peningkatan produktivitas hasil pertanian dan perternakan, tanpa harus bergantung pada pupuk kimia atau pakan ternak yang berbiaya mahal. 

"Pelatihan ini memberikan masukan bagi petani dan peternak untuk mengurangi ketergantungan pemakaian pupuk kimia. Penggunaan pupuk organik apabila dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, maka akan menguntungkan petani karena dapat memperbaiki sifat dan meningkatkan kesuburan tanah. Dari segi penggunaan bahan organik untuk pakan ternak, juga akan memberikan kontribusi yang besar bagi peternak karena bahannya mudah diperoleh dan dapat disimpan lama, rendah unsur hara sintetis, biomassa, dan energi," ujarnya

Zul Elfian mengajak petani dan maupun peternak kedepannya dapat bersinergi dengan baik dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kapasitas yang mampu memanfaatkan potensi lokal yang ada sehingga mampu mandiri dan sejahtera. (SIS)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama