Pendidikan Gratis, Pemuda Jorong Piliang Bangun Rumah Tahfiz

 Wakil Bupati Tanah Datar sapa warga jelang peresmian rumah tahfiz di Lima Kaum. (humas)


BATUSANGKAR-Meningkatnya kasus kenakalan remaja saat ini harus diakui menjadi tantangan dan tugas bersama seluruh komponen masyarakat. Salah satu upaya menangkalnya adalah dengan mendekatkan generasi muda dengan Alquran sebagai pedoman hidup yang hakiki.

Upaya ini yang diapresiasi Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat meresmikan Rumah Tahfiz Gratis Ukhuwah Jorong Piliang Nagari Limo Kaum, Kamis (22/7/2021) malam.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan apresiasi kepada pemuda Jorong Piliang telah menginisiasi berdirinya Rumah Tahfiz Ukhuwah. Ini langkah nyata menyelamatkan generasi Tanah Datar dari kerusakan moral dan perilaku menyimpang,” kata Richi yang didampingi Ketua GOW, Patty Richi.

Wakil bupati juga pesankan agar tidak bosan-bosan mengajak masyarakat khususnya generasi muda yang telah terlanjur berbuat salah agar kembali ke jalan yang benar.

“Insya Allah, jauh dalam hati mereka ingin menjadi orang baik. Saya imbau masyarakat bisa menerima mereka, jangan benci orangnya tetapi benci perilakunya. Tugas kita mengajak dan terus mengajak untuk berbuat kebaikan, sembari berdoa agar diberi hidayah, karena hidayah itu hak prerogatif Allah SWT,” urai Wabup.

Wabup juga apresiasi dengan gratisnya biaya pendidikan di Rumah Tahfiz Ukhuwah yang berada di Mushalla Nurul Ikhwan ini.

“Semoga biaya gratis ini terus berlanjut dengan dukungan donatur. Insya Allah, bagi Allah SWT tidak ada yang gratis, yang menyumbangkan hartanya, pasti akan Allah ganti,” tutur wabup yang dikutip dari siaran pers Humas Tanah Datar.

Sebelumnya tokoh masyarakat Agus Taufik mengatakan pendirian rumah tahfiz ini menjadi rahmat bagi masyarakat setempat.

“Ini sebuah rahmat bagi kita dan anak-anak kita, wadah untuk anak-anak mendapatkan pendidikan agama,” ucap Anggota DPRD Tanah Datar ini.

Ketua KAN Lima Kaum, Yusmar Latif Dt Majo Lelo juga mengaku bangga dengan berdirinya rumah tahfiz pertama di Jorong Piliang Limo Kaum.

“Ninik mamak sangat mendukung pendirian rumah tahfiz yang memanfaatkan sementara Mushalla Nurul Ikhwan. Mudah-mudahan nantinya bisa memiliki bangunan permanen,” harapnya.  

Sementara Ketua Pembinan Rumah Tahfiz Ukhuwah Beni Syam dalam laporannya, rumah tahfiz yang dibangun unsur pemuda ini mendapat dukungan penuh tungku tigo sajarangan.

“Pemuda Piliang sangat semangat mendirikan rumah tahfiz, tinggal orang tua dan masyarakat mengajak anak dan kemenakannya bisa belajar tahfiz di sini. Biayanya gratis, karena ada donaturnya,” kata Beni Syam.

Kepada pemerintah daerah, Beni Syam berharap dukungan dan bimbingan dalam pengelolaan rumah tahfiz. “Kami berharap dukungan dan bimbingan pemerintah daerah untuk rumah tahfiz ini. Kami juga ingin berkontribusi dengan program pemerintah daerah, satu rumah satu hafiz atau hafizah,” pungkasnya. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama