Tak Pakai Masker Saat PPKM Darurat, 246 Warga Terjaring Razia

 Petugas operasi yustisi penegakan protokol kesehatan. (kominfo)


PADANG PANJANG
–Hari pertama pelaksanaan PPKM Darurat, Senin (12/7/2021), sebanyak 246 orang terjaring dalam razia operasi yustisi. Razia ini sekaligus sebagai kegiatan penegakan Protokol Kesehatan Aman Covid-19 dan penegakan Perda Nomor 6/2020.

“Mereka dijaring dalam operasi yustisi karena tidak memakai masker. Semuanya terdiri dari 215 pejalan kaki, 22 pengendara roda dua dan sembilan pengendara roda empat,” sebut kapolres diwakili KBO Sabhara, Ipda Kusnadi kepada Kominfo.

Kepada para pelanggar, kata Kusnadi, pihaknya memberi sanksi. “Di antaranya teguran lisan dan diwajibkan untuk membeli masker. Serta sanksi sosial membersihkan fasilitas umum dengan memakai rompi pelanggar prokes. Para pelanggar juga di data dan diinput ke dalam aplikasi sipelada (sistem informasi data pelanggaran perda),” ungkapnya. 

Kusnadi menambahkan, kegiatan difokuskan di kawasan Pasar Pusat Padang Panjang dan di depan Gegung M. Safei. Dalam pelaksanaan operasi ini, Polres dibantu anggota Koramil, Satpol PP Damkar, BPBD Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan Dishub. 

Ia menyebut, penindakan melalui Operasi Yustisi itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona khususnya di Kota Padang Panjang. Ia juga berjanji akan terus mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan ini.

Kusnadi berharap dengan adanya kegiatan operasi yustisi ini, masyarakat lebih peduli terhadap peraturan yang dibuat pemerintah mengenai protokol kesehatan. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama