Tanjung Paku Masuk Program Desa Cantik

 

Pelatihan desa cantik secara virtual


KOTA SOLOK-Pelatihan calon pembina desa cantik dilakukan secara virtual oleh Pusdiklat Statistik dan dihadiri Lurah Tanjung Paku, Yenna Muriaty dengan menggunakan zoom meeting, Kamis (8/7/2021) dari aula kantor Kelurahan Tanjung Paku dan didampingi BPS dan Dinas Kominfo Kota Solok.


Pada tahap awal, BPS Pusat telah menetapkan 100 desa cantik di Indonesia dari 83.820 wilayah administrasi setingkat desa yang diseleksi, terbaru BPS telah menetapkan 171 desa cantik tambahan hasil rekapitulasi pengajuan BPS masing-masing provinsi, salah satunya berasal dari Kota Solok, yaitu Kelurahan Tanjung Paku.

Dari 171 desa dan kelurahan tambahan yang ditetapkan sebagai desa cantik tersebut, Kelurahan Tanjung Paku terpilih menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan pelatihan calon pembina desa cantik nasional. Selama pelatihan, peserta mendapat materi seputar teknik komunikasi yang efektif dengan desa serta menyusun laporan dan rencana aksi pembinaan statistik sektoral desa.

Yenna Muriaty berharap dengan terpilihnya Kelurahan Tanjung Paku dalam program kelurahan statistik percontohan ini, kepercayaan dari BPS tersebut dapat menjadi tonggak dan pendorong bagi pembangunan kelurahan yang berkelanjutan yang membutuhkan kerjasama semua pihak dan dimulai dengan memperbaiki kualitas data yang dimiliki, sehingga setiap langkah atau program yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah kelurahan menjadi tepat sasaran dan mampu menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya.

Program desa cantik bertujuan agar perangkat desa atau kelurahan lebih paham statistik dan dapat melahirkan komunitas cinta statistik sehingga dapat bertransformasi menjadi subyek pembangunan, sehingga berbagai kebijakan dan pembangunan yang dilakukan harus mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi dan program-program yang ditawarkan oleh pemerintah menjadi tepat sasaran.(SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama