65,3 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Pemerintah

Ilustrasi. (pemkab kudus)

PADANG-Lembaga survei Spektrum Politika Institut melakukan survei tentang dinamika perubahan persepsi dan perilaku memilih masyarakat pasca pemilu 2019 di Indonesia pada 5-17 Juli 2021. 

Survei ini melibatkan 1.240 responden yang diwawancarai langsung dengan margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia. Sejumlah pertanyaan diajukan kepada responden, terutama mengenai kepuasan masyarakat terkait dengan kinerja pemerintah di berbagai bidang. 

Pandemi Covid-19 berdampak kepada pemerintah dalam melaksanakan fungsinya. Hasil survei ini menunjukan angka kepuasan masyarakat terhadap pemerintah ini mencapai 65,3 persen. 

"Sedangkan yang merasa tidak puas hanya 32,3 persen dan mereka yang tidak memberi penilaian 2,4 persen. Angka kepuasan ini masih moderat karena rata-rata penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah ini masih cukup tinggi dan tentu ini menjadi tantangan pemerintah untuk terus meningkatkan kinerjanya ke depan," kata Direktur Data dan Riset, Spektrum Politika Institut, Andri Rusta, Jumat (20/8/2021) di Padang.

Menurut dia, memang ada kinerja pemerintah di beberapa bidang yang angka kepuasannya rendah seperti bidang politik, hukum dan keamanan yang kepuasannya mencapai 54,3 persen. Sementara, di bidang ekonomi kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah mencapai 53,3 persen. 

Sedangkan kepuasaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di bidang sosial mencapai angka 68 persen dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di bidang pendidikan mencapai 60 persen. Kinerja pemerintah di bidang Infrastruktur yang menjadi program utama pemerintah saat ini justru menunjukan angka kepuasaan masyarakat yang tertinggi mencapai angka 72,7 persen.

Walaupun begitu, kepuasaan masyarakat terkait kebijakan pemerintah dalam pemberantasan korupsi ternyata rendah yang mencapai 48 persen. Begitu juga dengan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19 yang hanya mencapai 57,8 persen. 

Kondisi yang terjadi di sekitar masyarakat hari ini sangat mempengaruhi penilaian terhadap kinerja pemerintah di dua bidang tersebut. (ed)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama