Desa Apar Dapat Internet Gratis Setahun


Penyerahan bonus bagi Desa Apar


KOTA PARIAMAN-Masuk nominasi 50 besar ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia), Desa Apar Kota Pariaman, dapat satu tahun akses internet gratis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bonus ini diserahkan Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno pada kunjunganya pada penilaian Desa Apar Kota Pariaman, yang masuk sebagai 50 Besar ADWI dari 70.000 desa di Indonesia kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, di Apar Pariaman Mangrove Park, Jumat (27/8/2021).

Sandiaga Uno mengatakan, lewat jaringan internet yang baik, masyarakat di desa-desa wisata akan lebih cepat masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital, dan dapat mengambil peluang lapangan kerja yang lebih luas lagi.

"Permasalahan yang ditemui, banyak dari pelaku usaha masih enggan mengenal teknologi internet untuk mengembangkan usaha dan juga terkendala dengan biaya tinggi. Padahal pemanfaatan teknologi, informasi, dan jaringan internet semakin mudah dijangkau dan digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun, kita memberikan akses satu tahun internet gratis bagi desa wisata yang masuk 50 Besar ADWI 2021, agar dapat lebih update teknologi," tukasnya.  

Menparekraf juga mengatakan, UMKM di seluruh indonesia, terus didorong untuk masuk ke ekosistem digital, sehingga bisa tetap memasarkan produknya meski di tengah pandemi seperti sekarang.

"Kita akan terus berupaya menghadirkan desa wisata yang berkelas dunia dan berdaya saing, serta mewujudkan ekonomi yang berkeadilan dengan kebijakan dan bantuan yang tepat sasaran dan tepat manfaat, apalagi di masa pandemi yang masih menghantui saat ini," ungkapnya.

Dwi Marhen Yono, mengucapkan dirinya telah menyiapkan beberapa desa wisata di Kota Pariaman untuk mengikuti penilaian ADWI 2021 ini.

"Setelah melewati serangkaian tahap kurasi, penilaian dari dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian, klasifikasi dan kelengkapan data. Alhamdulillah, Desa Apar masuk 50 Besar ADWI 2021, padahal kita hanya menargetkan bisa masuk 100 besar, dan ini menjadi kebanggaan tersendiri," tuturnya. (J/aa)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama