Gubernur Resmikan Rumah Tahfizd Baitul Makmur Nagari Andaleh

 Gubernur foto bersama dengan peserta didik Rumah Tahfizd Baitul Makmur Nagari Andaleh. 


BATUSANGKAR-Gubernur Mahyeldi meresmikan Rumah Tahfidz Baitul Makmur Nagari Andaleh, Kabupaten Tanah Datar. Rumah tahfizd itu yang bertujuan mendidik generasi muda agar memahami Alquran.

“Mudah-mudahan rumah tahfidz ini melahirkan para penghafal Alquran di Tanah Datar yang akan memberikan berkah bagi daerah,” katanya di Tamah Datar, Minggu (8/8/2021)

Gubernur mengatakan Alquran adalah pondasi yang paling baik untuk pendidikan generasi muda untuk awal sebelum mengenal pelajaran umum. Dia mengajak pemerintahan nagari memberikan dukungan penuh untuk pengembangan rumah tahfidz tersebut karena dari segi luas lahan pengembangan masih sangat mungkin untuk dilakukan. “Mudah-mudahan nanti bisa menjadi cikal bakal untuk pesantren,” katanya.

Pembina Rumah Tahfizd Baitul Makmur Nagari Andaleh Zuherman mengatakan untuk tahap awal pihaknya merangkul generasi muda setempat lulusan UIN Imam Bonjol dan sekolah agama sebagai pendamping. “Semangat mereka untuk mendampingi anak-anak menghafal Alquran patut diacungi jempol karena itu meski secara kapasitas belum memadai tapi kita tetap menerima dukungan dari generasi muda ini,” katanya.

Secara bertahap kualitas pendamping akan terus ditingkatkan sehingga anak-anak juga mendapatkan bimbingan yang maksimal. “Awalnya ditargetkan sekitar 20 anak terdaftar untuk mengikuti pendidikan tahfidz tapi ternyata animo masyarakat sangat tinggi sehingga lebih dari 30 anak yang mendaftar,” katanya.

Dia berharap ke depan rumah tahfidz tersebut akan terus berkembang dengan dukungan dari semua pihak. Ikut hadir dalam acara itu pengurus Mushalla Ashabul Jannah, walinagari serta perangkat aagari dan peserta didik Rumah Tahfizd Baitul Makmur. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama