Mahasiswa KKN Unand Dampingi Pelayanan Administrasi di Silaing Bawah

 Mahasiswa KKN foto bersama dengan perangkat kelurahan dan lainnya


PADANG PANJANG-Mahasiswa KKN Unand di Kelurahan Silaing Bawah, Padang Panjang melakukan pendampingan pelayanan kepada masyarakat melalui piket pelayanan administrasi kelurahan dan edukasi tentang SOP dan alur pelayanan sejak Kamis (15/7/2021). 

Piket pelayanan administrasi kelurahan merupakan cara mahasiswa dalam melakukan pendampingan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Sebanyak 19 mahasiswa berperan aktif dalam membantu administrasi kelurahan terutama di bagian front office

Mereka  membantu dalam terwujudnya protokol kesehatan Covid-19, dengan mengingatkan masyarakat yang datang ke kelurahan untuk menggunakan masker sesuai aturan. Mereka menganjurkan masyarakat untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan setelah menyelesaikan urusan administrasi di kantor lurah. 

Lurah Silaing Bawah, Dedi Adrian mengaku terbantu dengan kehadiran mahasiswa. Dedi juga mengapresiasi proaktif mahasiswa dalam membantu mengimplementasikan kebijakan Pemerintah Kota Padang Panjang. Di antaranya di Kelurahan Silaing Bawah, mahasiswa aktif dalam membantu pelayanan di kelurahan. 

“Sebanyak 19 mahasiswa aktif dalam mendukung berbagai kegiatan di kelurahan. Baik layanan langsung di kantor, maupun layanan administrasi kependudukan (Adminduk) berbasis online seperti Paduko dengan sangat baik. Mahasiswa KKN juga membantu dalam menginformasikan kepada masyarakat tentang SOP dari layanan yang dibutuhkan masyarakat,” kata Dedi. 

Piket pelayanan administrasi dilakukan secara bergiliran sesuai jadwal yang sudah dibuat. Hari kerja piket pelayanan administrasi kelurahan dilakukan sesuai dengan hari kerja perangkat Kelurahan Silaing Bawah, Senin sampai Jumat. Untuk jam kerjanya, mahasiswa KKN mulai piket dari pukul 09.00-12.00 dan setelah itu mahasiswa KKN yang piket dapat melanjutkan timeline proker utamanya.

Masyarakat merasa senang dengan kehadiran mahasiswa dalam membantu pelayanann administrasi kelurahan. Masyarakat juga sangat terbantu dengan adanya piket oleh mahasiswa KKN Unand. 

“Saya mengurus administrasi di kelurahan saat mahasiswa KKN piket, sangat terbantu, terutama dari segi waktu. Dengan adanya mahasiswa yang kemampuan komputernya sangat baik, sehingga pemrosesan urusan administrasipun menjadi lebih cepat. Saya juga diberi informasi mahasiswa KKN tentang aturan dan alur pelayanan yang akan saya urus. Jadi saya tahu langkah dan hal apa yang harus saya lakukan berikutnya,” ungkap Eti, salah seorang warga. 

Mahasiswa juga melakukan pendampingan pelayanan administrasi kepada masyarakat terutama dalam memberikan edukasi terkait SOP layanan dan alur pelayanan kepada masyarakat.  “Saya bersemangat dalam melakukan pendampingan pelayanan kepada masyarakat ini. Terutama dalam memberikan edukasi tentang SOP layanan. Jadi kehadiran mahasiswa KKN Unand benar-benar bisa memberikan edukasi,” ungkap Alivia, salah satu mahasiswi KKN.  (Melia Oktora dan Ferdinal)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama