Nur Asia Sandiaga Uno Kunjungi Sentra Tenun Tigo Jangko

 

Istri Sandiaga diberi penjelasan tentang tenun. (humas)


BATUSANGKAR-Sebelum mengikuti penilaian Kampung Minang Nagari Sumpu sebagai Desa Wisata, isteri Menteri Ekonomi Kreatif Nur Asia Sandiaga Uno terlebih dahulu mengunjungi Sentra Tenun di Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, Sabtu (28/08/2021).


Ketua Dekranasda Lise Eka Putra didampingi Sativa Sutan Aswar menyambut langsung rombongan. “Saya merasa senang bisa datang ke Tanah Datar ini khususnya ke Sentra Tenun Tigo Jangko Lintau. Bertemu buk Atitje yang punya semangat luar biasa membina dan membagikan ilmu tenun, sulam yang menjadi keahliannya,” sampai Mpok Nur begitu akrab dipanggil.

Mpok Nur berpesan agar pengrajin tetap semangat belajar, selain bisa membantu ekonomi keluarga juga pengrajin berpartisipasi mempertahankan budaya lokal tidak punah. “Tetap semangat ya, kita akan bantu nanti,” sampainya.

Lise Eka Putra juga mengapresiasi dedikasi Sativa atau dipanggil Atitje pulang kampung mendarmabhaktikan ilmunya sesuai dengan keahliannya di bidang tekstil. Disampaikan, Atitje merupakan doktor bidang Tekstil  diminta Mufidah Jusuf Kalla yang juga pembina Yayasan Kriya Minangkabau menularkan ilmunya kepada peserta serta melahirkan kreasi-kreasi baru.

“Pemerintah daerah, dekranasda tentunya punya kepentingan yang sama terhadap kemajuan sentra tenun ini untuk menjaga dan melestarikan khazanah budaya lokal serta memajukan ekonomi masyarakat,” ucap Lise yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

Salah seorang perajin juga mengungkapkan rasa syukurnya bisa mendapat ilmu di Sentra Tenun. “Dengan punya keahlian ini, kami bisa tetap di rumah, mengawasi anak sekaligus bisa bekerja dan menghasilkan, apalagi di tengah-tengah pandemi Covid-19 kondisi yang dianjurkan lebih banyak di rumah,” sampai wanita yang juga petani ini.

Atitje pun menegaskan dirinya mendidik peserta tidak hanya perajin yang terampil juga membekali ilmu agar pengrajin bisa juga menularkan ilmunya kepada yang lain. “Saya ingin perajin tidak sebatas untuk dirinya tetapi juga saya siapkan bisa sekaligus mentor bagi yang lainnya,” sebut Ibu Atitje yang selalu terlihat energik ini. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama