Upaya Memurnikan Beras Solok, Varietas Anak Daro Ditanam

 Wali kota tanam varietas anak daro


KOTA SOLOK -  Wali Kota Zul Elfian Umar tanam padi anak daro guna mendukung ketersediaan beras anak daro indikasi geografis (IG) didampingi Forum Komunikasi pimpinan daerah di Gawan, Kelurahan Tanah Garam, Senin (30/08/2021). 

Kota Solok merupakan salah satu kota penghasil beras terkenal di Sumatera Barat. Anak daro merupakan salah satu varietas padi unggul lokal kebanggaan warga setempat.

Sertifikat IG dikeluarkan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia pada 2018 dengan nama hak paten Bareh Solok. Hak paten ini mencakup tujuh kecamatan pada dua daerah tingkat dua dengan rincian dua kecamatan di Kota Solok dan lima kecamatan di Kabupaten Solok. Sertifikat ini dimiliki Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG).

MPIG ini akan bekerja sama dengan Badan Usaha Layanan Daerah (BLUD) yang akan didirikan pemerintah dalam usaha memurnikan beras Solok. Seluruh tahapan untuk menghasilkan beras ini akan diawasi BLUD dan MPIG yang dibantu OPD terkait sehingga beras yang dihasilkan terjamin kemurniannya.

Kepala Dinas Pertanian Ikhvan Marosa menyebutkan, kegiatan ini bertujuan mendukung kesediaan produksi beras Solok. Selain itu juga bertujuan menghindari adanya pemalsuan dan menjaga ketersediaan dan kualitas beras Solok. 

Perwakilan Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Barat, Yustiadi mengungkapkan apresiasi kepada Kota Solok yang melaksanakan kegiatan ini. 

“Semoga kualitas, kuantitas dan kontiniutasnya dijaga, sehingga petani yang selama ini sejahtera akan tetap diusahakan lebih sejahtera lagi,” tuturnya. 

Zul Elfian Umar ucapkan terimakasih kepada seluruh petani Kota Solok atas kerja kerasnya selama ini mempertahankan eksistensi beras Solok. 

”Tanam padi  perdana kali ini jangan hanya seremonial saja, semoga melimpahnya pangan diiringi dengan meningkatnya kesejahteraan petani,” ungkapnya. (SIS)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama