Wali Kota Solok Hadiri Pengukuhan Gelar pada Komandan Lantamal

 Wali Kota Solok dan Gubernur Mahyeldi


AGAM-Wali Kota Solok Zul Elfian Umar hadiri pengukuhan gelar adat pada Danlantamal II Padang Laksma TNI Hargianto dengan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam, Minggu (29/8/2021) dir umah Gadang Suku Pisang Nagari Cingkariang, Kabupaten Agam.

Gubernur Mahyeldi Anhasrullah, menuturkan, Laksamana TNI Hargianto patut diangkat jadi Datuak panghulu bagala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari ninik mamak nagari Cingkariang. "Beliau adalah sosok yang tegas dalam penegakan keamanan dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat, untuk itu diapresiasi dengan penganugrahan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam," ujar gubernur.

Acara sakral ini, sebagai seorang panghulu atau pemimpin kaum, ini sanksinya berat, jadi ini harus dilaksanakan dalam memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan, kearah yang lebih baik dan menanamkan pemahaman adat maupun agama.

Atas nama pemerintah provinsi, dia ucapkan selamat kepada Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang dinobatkan sebagai penghulu dari ninik mamak Suku Pisang. "Semoga Datuak nantinya bisa mengayomi masyarakat tidak hanya di Sumbar, tetapi lebih luas masyarakat Indonesia," kata dia.

Wali kota Zul Elfian juga mengucapkan selamat telah dikukuhkannya gelar adat kepada Laksamana TNI Hargianto. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama