9.622 Pelajar akan Divaksin

 Nazifah di Podcast Gandoriah Diskominfo Kota Pariaman


KOTA PARIAMAN-Sebanyak 9.622 pelajar di Kota Pariaman usia 12 hingga 17 tahun akan divaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan. Vaksinasi tersebut sudah dimulai sejak 6 September 2021, terdiri dari enam SMA, lima SMK, dan 12 SMP.

“Saat ini 2.035 pelajar dari SMA dan SMK Pariaman sudah kita vaksin. Alhamdulillah semua pelajar tersebut antusias mengikuti vaksinasi," ungkap Kadis Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah, Jumat (10/9/21)

Nazifah menjelaskan, target dua minggu kedepan vaksinasi pelajar tingkat SLTA dan SMK sudah selesai, dan berikutnya kami akan turun memberikan vaksinasi kepada pelajar SLTP usia 12 tahun ke atas.

Untuk vaksin yang diberikan Sinovac, Azrazaneca dan Moderna. “Pesan kami buat anak-anak yang sudah divaksin, kalau bisa jangan melakukan pekerjaan atau tugas yang berat dan begadang, karena proses vaksin dalam tubuh kita sedang bekerja dan daya tahan tubuh masing-masing anak berbeda-beda,” tutur Nazifah.

Menurut dia, apapun imunisasi dan vaksin yang diberikan reaksinya akan berbeda-beda tergantung imun tubuh masing-masing. "Jika ada reaksi setelah vaksin, reaksi tersebut akan hilang dalam jangka waktu dua atau tiga hari. Jika reaksinya cukup berat, mereka bisa berobat di rumah sakit rujukan yang telah kita sediakan, RS Sadikin dan RSUD Pariaman, dengan biaya ditanggung oleh pemerintah,” katanya.

Bagi pelajar yang sudah divaksin, mereka akan mendapatkan vaksin kedua dengan jarak waktu setelah 28 hari, dan vaksin kedua tersebut bisa mereka dapatkan di puskesmas. Ada dua sampai tiga puskesmas setiap harinya untuk melayani pemberian vaksin kepada masyarakat. (tc/aa)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama