Jurusan Ilmu Politik Unand Pengabdian Masyarakat di Partai Golkar Sumbar

 Pengurus Partai Golkar foto bersama dengan dosen Fisip Unand


PADANG-Partai politik merupakan lembaga suprastruktur dalam sebuah sistem politik, yang memiliki peran penting dalam mempengaruhi perkembangan demokrasi di Indonesia. 

Partai politik melalui fungsi-fungsi yang dilakukannya diharapkan menjadi lembaga politik yang menghasilkan elit-elit politik yang mempraktikkan prinsip-prinsip demokrasi, melaksanakan fungsi pendidikan politik serta pembentukan budaya politik yang partisipatif serta objektif. 

Dalam kerangka berpikir seperti itu, Jurusan Ilmu Politik Universitas Andalas dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi melaksanakan pengabdian di DPD Partai Golkar Sumatera Barat sebagai mitra dalam perkembangan demokrasi di daerah.

Jurusan Ilmu politik Universitas Andalas setiap tahunnya membuat kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang salah satunya adalah dengan cara bekerja sama dengan partai politik yang bertujuan membantu pengayaan pengetahuan dan informasi bagi kader partai dalam memahami partai politik, pemilu dan demokrasi.

Kegiatan ini dilaksanakan di DPD Partai Golkar Sumatera Barat, Minggu (26/9/2021) dalam bentuk pelatihan kepada kader, fungsionaris Partai Golkar melalui penggunaan metode ceramah-diskusi, FGD, discovery learning dan simulasi. 

Kegiatan ini dilakukan dengan metode hibrid (campuran), 30 menjadi peserta langsung dan sisanya mengikuti dengan metode zoom meeting. 

Hadir pada kegiatan ini Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Barat H. Khairunas, Bendahara Erick Hariyona, Wakil Ketua Bidang Organisasi Yulman Hadi, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan Andi Mastian, Wakil Sekretaris Bidang Pemberdayaan dan Penggalangan Pemilih Perempuan/KPPG Wilda Qudsi Mirawati.

Dari jurusan Ilmu Politik hadir dosen Jurusan Ilmu politik yang dikomandoi Ketua Jurusan Ilmu Politik Dr. Hj. Indah Adi Putri, Sekretaris Jurusan Ilmu Politik Dewi Angraini dan beberapa dosen seperti Dr. Asrinaldi, Dr. Aidinil Zetra, Andri Rusta, Tamrin, M. Fajri, Lusi Puspika dan beberapa mahasiswa, seperti Andre Gunawan dan Hadisa Lativa.

Khairunnas mengapresiasi kegiatan ini dan menyebut bahwa sudah banyak alumni dari Jurusan Ilmu Politik yang berkarya di Partai Golkar Sumatera Barat seperti mantan ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra. (ed)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama