Kader PKK Nagari di Tanah Datar Dilatih Sulaman Kapalo Samek

 Para peserta pelatihan sulaman


BATUSANGKAR-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tanah Datar, berkolaborasi mengadakan pelatihan sulaman kapalo samek bagi kader PKK Nagari. 

Pelatihan yang diikuti kader PKK Pokja II terkhusus bidang UP2K PKK itu dalam upaya meningkatkan keterampilan para kader PKK di nagari sehingga dapat membantu perekonomian keluarga.

“Dengan adanya pelatihan Sulaman Kapalo Samek, kita harapkan lahir karya-karya unik dengan motif-motif menarik dan dapat menembus pasar sehingga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat Tanah Datar,” ucap Ketua Dekranasda yang juga ketua TP PKK Tanah Datar Lise Eka Putra, ketika membuka secara resmi kegiatan pelatihan, Rabu (22/9/2021) di aula gedung promosi Tanah Datar.

Lise meminta agar peserta mengikuti pelatihan dengan serius, supaya usai pelatihan para kader mampu menyulam kapalo samek dengan baik dan bisa menjadi mentor atau mengajarkan kepada masyarakat di nagari masing-masing.

“Saya selaku Ketua Dekranasda telah berkoordinasi dengan Dekranas Pusat dan designer ternama, bagaimana upaya kita nantinya dapat menciptakan produk-produk kerajinan yang bernilai tinggi, dan dapat mengangkat perekonomian maupun budaya kita,” ujarnya.

Terkait sulaman kapalo samek, sebut Lise merupakan warisan leluhur turun temurun yang menghasilkan karya bernilai jual tinggi sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Kabid Perindustrian Dinas Koperindag Tanah Datar, Wilda Anas mengatakan pelatihan ini juga merupakan tindak lanjut dari MoU antara Dinas Koperindag dengan TP PKK Tanah Datar.

“Saat ini kita melakukan pelatihan dengan peserta perwakilan masing-masing kecamatan, karena saat ini masih pandemi Covid-19 jadi kuota kita batasi,” ucapnya.

Dikatakan Wilda,  pelatihan sulaman kapalo samek juga untuk mendukung program unggulan daerah dalam menciptakan wira usaha baru agar bisa memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi.

“Pelatihan ini dilaksanakan selama enam hari, 22 sampai dengan 28 September 2021, dengan peserta 25 orang yang terdiri dari kader PKK perwakilan kecamatan se Kabupaten Tanah Datar,“ katanya yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas

Sekretaris Dinas PMPTSP Naker Adriyanti Rustam mendukung penuh dilaksanakannya pelatihan sulaman kapalo samek yang digagas Disperindag Tanah Datar dengan melibatkan kader pkk itu, dan berjanji akan mempermudah dalam pengurusan izin-izin terkait usaha rumahan dan kelompok UP2K PKK tersebut.

Kabid Pemberdayaan Dinas PMDPPKB Tanah Datar, Poppy Aziz  yang membidangi TP PKK katakan jika pelatihan tersebut akan berkesinambungan sehingga kedepan pemerintah daerah akan dapat memfasilitasi atau memberikan bantuan peralatan. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama