Kapolres Dharmasraya Kunjungi Lapas, Ada Apa?

 Kapolres datangi lapas. (eko)


DHARMASRAYA-Kebakaran Lapas Kelas IIA di Tanggerang menjadi pelajaran bagi Lapas Dharmasraya. Berbagai langkah dilakukan agar musibah itu tak terjadi di sana. Salah satu caranya, dengan meningkatkan kesiapsiagaan.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Dharmasraya memperketat  kesiapsiagaan. Kapolres AKBP Anggun Cahyono besama Kepala Lapas Ahmad Junaidi didampingi Kasat Reskim Polres, Iptu Ferliyanto Pratama Marasin bersama anggota polres dan petugas lapas, Jumat (10/9/2021) tinjau beberapa bagian di dalam lapas tersebut.

Hasil pantauan di lapangan, terungkap kalau kondisi Lapas Dharmasraya over kapasitas. Kondisi juga terbilang memprihatinkan. Lapas juga kekurangan petugas. 

Kapolres Anggun Cahyono mengatakan, pihaknya bertemu dengan  kepala lapas dan melihat situasi di dalam. "Kami melihat kondisi instalasi listrik dan lainnya. Alhamdulillah secara umum cukup aman dan kondusif," katanya.

"Semoga tidak terjadi dengan kejadian yang tak diinginkan," kata dia.

Kapolres menyebutkan, berdasarkan penuturan kepala lapas, memang jumlah warga binaan sudah melebihi kapasitas. Polres Dharmasraya akan backup lapas ini," kata Anggun Cahyono.

Ahmad Junaidi mengatakan, saat ini ada 207 warga binaan. "Idealnya cuma 100 warga binaan," katanya. 

Dia menyebutkan, lapas akan terus berkordinasi dengan Polres Dharmasraya.  Guna mencegah kebakaran, lapas telah berkordinasi dengan Damkar Kabupaten Dharmasraya dan pihak PLN untuk melihat jaringan listrik.

"Kami berharap kepada permerintah untuk memperhatikan dan membangun blok atau rumah tahanan warga binaan yang baru. Sebab, saat ini hanya ada satu blok dengan kapasitas yang sudah penuh," kata Ahmad Junaidi. (eko)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama