Yasonna Laoly Minta Musibah Kebakaran Lapas tak Terulang

Yaonna Laoly. (kompas.com)

JAKARTA-Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meminta jajarannya fokus pada evakuasi dan pemulihan warga binaan yang menjadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Yasonna mengaku berduka atas jatuhnya korban dalam peristiwa tesebut.


"Saya sudah menginstruksikan jajaran untuk secepatnya melakukan evakuasi dan fokus memberikan penanganan terbaik untuk memulihkan korban luka. Ini musibah yang memprihatikan bagi kita semua," kata Yasonna, Rabu (8/9/2021) yang dikutip dari republika.co.id.

Yasonna menyempatkan diri meninjau lokasi kebakaran tersebut. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu memastikan Kemenkumham akan bekerja sama dengan aparat terkait untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

Yasonna mengungkapkan, berdasarkan data yang diperoleh, ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba dan dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal.

"Tentu saja kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelidiki sebab-sebab kebakaran dan tentu saja memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti ini tidak terjadi lagi," katanya.

Kebakaran terjadi di Lapas Kelas I Tangerang pada dinihari. Kebakaran ini mengakibatkan sekitar 41 orang meninggal dunia dan sejumlah lagi mengalami luka. Korban luka sudah dibawa ke RSUD Tangerang untuk menjalani pengobatan. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama