Bagi Warga yang Mau Bertani, Tersedia Bibit Gratis


 Ekskavator diserahkan untuk Kecamatan Singkarak


SINGKARAK-Bupati Epyardi Asda memenuhi janjinya untuk menyediakan ekskavator di setiap kecamatan di kabupaten Solok dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas bidang pertanian.


“Maanfatkanlah ekskavator ini untuk mengolah lahan pertanian dan perbaikan jalan,” ujar Epyardi Asda, Selasa (19/10/2021) di Dermaga Singkarak.

Tahap awal, ekskavator diserahkan untuk Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, dan Nagari Tanjung Balik, Kecamatan X Koto Diatas. Eskavator ini diterima langsung oleh Wali Nagari didampingi Camat masing-masing.

“Kita sudah melakukan kerjasama dengan Pemda DKI Jakarta dan Pekanbaru serta menjajaki kerjasama sama dengan Pemko Dumai dalam pemasaran beras Solok dan hasil pertanian lainnya,” ujar Epyardi Asda. 

Dalam penyerahan ekskavator ini, Epyardi Asda didampingi oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Dandim, Wakil Ketua DPRD Ivoni Munir, Kejaksaan Negeri, camat dan wali nagari se-Kabupaten Solok.

“Penggunaan ekskavator ini adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong dan semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan biaya pemeliharaannya adalah tanggung jawab pemda,” ujar Epyardi Asda.

Bupati berharap ekskavator ini bermanfaat dan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat. Setiap nagari akan dapat menggunakan ekskavator secara bergiliran. 

“Setelah ekskavator mulai bekerja, semua jalan yang sudah dibuat akan dicor,” tambah Epyardi Asda. 

Wali nagari diharapkan mendata masyarakat yang mempunyai lahan dan mengolahnya, pemda akan akan memberikan bibit gratis sesuai apa yang cocok ditanam di nagari tersebut. (WTL)


Saat ini, jelas Epyardi Asda, sudah disediakan bibit durian, alpokat, pepaya, manggis, pisang dan 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama