Covid-19 Melandai, Vaksinasi Jalan Terus


 Rapat koordinasi tentang penanganan Corona di Sumbar


PADANG-Kasus Covid-19 pada setiap daerah di Sumbar kian melandai. Meski demikian, vaksinasi jalan terus, sebab tidak mungkin menghilangkan Corona tanpa vaksin. Pemberian vaksin penting dalam ikhtiar membentengi masyarakat.


Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat memimpin rapat koordinasi Forkopimda Sumbar tindak lanjut upaya penanganan pandemi Covid-19 di ruang rapat istana gubernuran, Kamis (27/10/2021).

Rakor dihadiri Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Kapolda, Danlanmal, Danrem, Kajati, Danlanud, Kabinda, Sekretaris Daerah Hansastri, asisten dan kepala OPD terkait. Rapat guna lebih memperkuat sinergisitas dan kolaborasi dalam peningkatan upaya mitigasi dan penanganan Covid-19.

Mahyeldi minta vaksinasi tetap dimaksimalkan sesuai dengan target di daerah, termasuk daerah kecil, seperti nagari melalui kecamatan. Pendataan yang cepat, akurat, dan singkron sangat dibutuhkan dalam upaya  pencegahan penularan dan penanganan pasien. Perlu ada tim verifikator yang bertugas melakukan pengecekan dan memeriksa data tentang Covid-19 yang masuk di kecamatan.

"Kita harus satu data di setiap daerah. Pemerintah daerah harus bekerjasama dengan Forkopimda, agar bisa memberikan data lebih akurat," pintanya. 

Kapolda Irjen Teddy Minahasa Putra mengatakan, di Sumbar tidak ada pemberitaan hoaks mengenai vaksin virus corona. Jelas tidak ada hambatan dalam pelaksanaan vaksin karena itu saatnya Sumbar keluar dari zona hitam penyebaran vaksin secara nasional.

"Tidak ada hambatan dalam pelaksaan vaksin di Sumbar, sekarang persoalannya adakah stok yang banyak di Dinas Kesehatan Sumbar. Jika kurang segera minta tambahan vaksin sebanyak mungkin. Yang terpenting masyarakat kira tervaksin, soal data dan input soal belakangan," ujarnya.

Danrem Brigjen TNI Arief Gajah Mada mengatakan, data kasus Covid-19 adalah indikator yang sangat penting untuk melihat seberapa efektif penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

"Hampir setiap pagi saya cross check ke bawah, mulai dari dandim sampai ke babinsa untuk menanyakan kasus Covid-19. Termasuk jumlah warga yang belum vaksin," sebutnya.

Dia sering koordinasi dengan berbagai pihak terkait vaksinasi massal, bahkan bekerjasama dwngan puskesmas di berbagai daerah untuk melakukan vaksinasi.

Wagub Audy Jounaldy menyampaikan, salah satu upaya untuk memulihkan ekonomi nasional adalah dengan kekebalan kelompok (herd immunity), karena dapat memperkecil risiko masyarakat tertular Covid-19 saat beraktivitas. (rls)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama