Ekskavator Diserahkan Bupati, Warga Gotong Royong

 Masyarakat foto bersama  dengan bupati usai gotong royong


SOLOK-Jorong Anau Kadok, Nagari Talang menjadi nagari pertama di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang mendapat kesempatan memanfaatkan eskavator kecamatan untuk membuka jalan usaha tani.

Pemanfaatan eskavator kecamatan ini dilaunching Bupati Epyardi Asda di Jorong Anau Kadok,  Kamis (21/10/2021). Usai melaunching penggunaan eskavator dilanjutkan dengan gotong royong. 

“Terima kasih atas bantuan ekskavator untuk Kecamatan Gunung Talang. Nagari Talang mendapat kesempatan pertama memanfaatkan eskavator ini untuk membuka jalan usaha tani di Jorong Anau Kadok. Nagari Talang  mempunyai lahan tidur lebih kurang 300 hektar yang siap untuk digarap. Di samping itu ada tanah yang subur untuk lahan pertanian  terutama alpokat, pisang, jagung dan pepaya,” kata Wali Nagari Talang, Zulpadri. 

Epyardi Asda berharap agar ekskavator ini dimanfaatkan untuk membantu meringankan  beban  masyarakat. “Saya melihat tanah di sini sangat  subur untuk lahan pertanian, untuk itu selanjutnya tugas pemerintah daerah  untuk membina petani dalam  mendapatkan hasil yang lebih baik,” jelas Epyardi Asda. 

Penggunaan ekskavator, jelas bupati, adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong. Semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan biaya pemeliharaannya menjadi tanggung jawab pemda.   “Pemerintahan nagari hanya menyediakan minyak untuk opesional eskavator di nagarinya,” ujar Epyardi Asda.

Jalan usaha tani yang sudah dibuka menggunakan ekskavator ini akan dicor. Sementara kalau memang lahan di sini cocok untuk tanaman alpokat, pepaya dan pisang, diharapkan wali nagari mendata gapoktan, nanti akan diberikan bibit melalui Dinas Pertanian.

“Masyarakat yang mempunyai lahan dan sudah membentuk gapoktan silahkan berkoordinasi  dengan Dinas Pertanian untuk mendapatkan bibit gratis,” ujar Bupati Epyardi Asda. 

Launching penggunaan ekskavator ini dihadiri Plt. Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Sekretaris Pertanian Miharta Maria, Sekretaris DPMN Ricky Carnova, wali nagari se-Kecamatan Gunung Talang, dan Forkopimca. (WTL)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama