Peringatan Hari Santri Berjalan Khidmat di Kendal


 Upacara Hari Santri Nasional


KENDAL - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang mengangkat tema Santri Siaga Jiwa dan Raga merupakan sebuah momentum untuk lebih dekat antara polisi dan ulama serta santri. Polisi dan santri harus lebih bersinergi, berjuang bersama agar segera keluar dari pandemi Covid-19. Upcacara berjalan dengan khidmat.

Demikian disampaikan Kasat Binmas Polres Kendal AKP Abdullah Umar usai menghadiri peringatan HSN di Pondok Pesantren Sabilurrosyat Desa Bojonggede, Kecamatan Ngampel, Jumat (22/10/2021).

"Ini momentum yang sangat baik untuk berjuang bersama keluar dari pandemi yang banyak meluluhlantakkan banyak sektor," kata Abdullah Umar.

Umar mengungkapkan, pemilihan 22 Oktober sebagai perayaan Hari Santri Nasional didasarkan pada tanggal ketika K.H. Hasyim Asy’ari menyerukan ajakan jihad, yang kemudian disebut sebagai Resolusi Jihad, untuk melawan tentara sekutu pada 22 Oktober 1945. 

"Dengan peringatan Hari Santri Nasional menjadi upaya untuk merawat ingatan dan semangat dari Revolusi Jihad para santri agar selalu diingat. Selama periode memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, santri telah mengambil porsi perjuangan yang besar," ujarnya.

Mengaca hal ini, santri harus digandeng untuk diajak berjuang bersama melawan ganasnya virus corona dengan menjadikan santri sebagai pelopor penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto usai memimpin upacara peringatan HSN berpesan kepada para santri agar lebih baik dan handal lagi, baik meningkatkan kapasitas maupun sumber daya manusianya, dengan harapan santri lebih berkreasi.

"Saya meyakini  ke depan santri akan  menjadi garis terdepan untuk kemajuan Kabupaten Kendal, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kendal. Saya juga berharap agar santri di Kabupaten Kendal dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan menjaga kondusivitas wilayah, serta dapat membantu pemerintah dalam Penanganan virus Covid-19 di Kendal," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Kendal juga terus memberikan dukungan terhadap para santri, yaitu pada peringatan HSN tahun ini   telah menggelar berbagai kegiatan lomba, salah satunya lomba one pondok one product.

"Adanya lomba one oondok one product ini akan ditindaklanti menjadi program unggulan bagi pondok pesantren di Kabupaten Kendal dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi para santri," terang Bupati Dico.


Selanjutnya Bupati Kendal beserta rombongan melakukan ziarah ke makam Wali Gembyang Kendal, makam Kiai Guru Kaliwungu, dan makam Sunan Abinawa Pekuncen Kecamatan Pegandon, sekaligus melaksanakan shalat Jumat di Masjid Desa Pekuncen. SAS




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama