Upacara Hari Sumpah Pemuda di Payakumbuh Berlangsung Khidmat

 Pengibaran bendera saat upacara HUT Sumpah Pemuda.


PAYAKUMBUH-Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Payakumbuh berlangsung khidmat di halaman balai kota, Kamis (28/10/2021). 

Pembina Upacara Wali Kota Riza Falepi diwakili Sekda Rida Ananda, dihadiri unsur forkopimda, kepala OPD, Ketua DPD KNPI, Ahmad Ghani dan lainnya. 

Komandan upacara Sekretaris DPD Fauzan Rafsyanjani, pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh pengurus DPD KNPI Bima, Keputusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia dibacakan oleh Hilman, pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra 2021, serta peserta upacara dari barisan KNPI, ASN, satpol PP, Dishub, mahasiswa, siswa sekolah dan pramuka.

Sekda Rida Ananda menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga. Tema Hari Sumpah Pemuda kali ini menegaskan kembali komitmen yang dibangun para pemuda yang diikrarkan pada 1928 dalam Sumpah Pemuda. Hanya dengan persatuan dapat diwujudkan cita-cita bangsa.

"Tahun ini peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 mengangkat tema bersatu, bangkit dan tumbuh. Tema ini sebagai bentuk penggambaran spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Tema ini juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda," kata Sekda.

Ahmad Ghani menyampaikan, upacara kali ini merupakan upacara Hari Sumpah Pemuda terakhir yang diikuti kepengurusan KNPI Payakumbuh periode 2018-2021.  "Diharapkan kepengurusan setelah kami bisa terus melanjutkan pembangunan kepemudaan," kata Ghani. 

Usai upacara, dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang pemilihan pemuda pelopor. Bidang pendidikan, juara pertama diraih Tareq Al Bana, juara kedua, Fero Eko Pratama, dan Juara tiga, M Fauzan. Kemudian di bidang agama, sosial, dan budaya, juara 1, Syahrul Nizam dan juara 2, M Rifki.

Di bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata, juara 1 diraih Rahmad Zeki. "Rahmad Zeki juga sekaligus berhasil menjadi juara dua di tingkat Sumbar," kata Kadisparpora Desmon Corina, didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga Delni Putra dan Kasi Pemuda Yolanda Apripeli. (CAN)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama