Wagub Beri Kuliah Umum di IKPN Bukittinggi

 Sumatera Barat Audy Joinaldy


BUKITTINGGI-Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy memberi kuliah umum di Kampus Institut Kesehatan Prima Nusantara (IKPN) Bukittinggi, Kamis (28/10/2021).


Kuliah umum dengan tema menjadi entrepreneur, kenapa tidak itu, dihadiri ketua pengurus Yayasan Hedrizoni, Rektor Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, Evi Susanti,  Wakil Rektor II Yuhendri Putra, para dekan dan dosen serta para mahasiswa.

Sebagai kaum milenial banyak yang ingin menjadi entrepreneur atau pengusaha terutama pada mereka yang memiliki bakat untuk mengembangkan sebuah bisnis saat mereka sekolah atau duduk di bangku kuliah. 

Setelah lulus kuliah, seorang sarjana akan disibukkan dengan aktivitas baru: mencari lowongan pekerjaan. Dengan harapan gaji selangit, jenjang karier, berbagai tunjangan dan bonus. “Jika saudara memiliki track record pendidikan maupun soft skill yang baik, harapan tersebut dapat dengan mudah terwujud,” kata Audy Joinaldy.

Untuk menjadi entrepreneur harus memiliki wawasan yang luas dan memiliki tantangan dalam berbisnis. Entrepreneur bisa menjadi batu loncatan dalam berkarir yang lebih cemerlang. “Tapi sadarkah, tidak semua kaum milenial menjadi entrepreneur menyadari bisa mendorong untuk berpikir lebih kreatif dan bijaksana. Banyak pembelajaran dan keuntungan yang didapat sebagai seorang entrepreneur muda,” ungkapnya.

Banyak orang yang kini sukses bukan karena karir yang mereka dapatkan di kantor, namun karena kemantapan diri sendiri untuk menjadi seorang entrepreneur. Istilah ini sering kali dijadikan sebagai alasan utama mengapa seseorang perlu untuk mengubah pemikiran, membuka usaha sejak dini sangat penting dilakukan dibandingkan dengan bekerja dengan tuntutan pekerjaan dari atasan.

Menurut wagub, secara umum, entrepreneur adalah seseorang yang mampu menciptakan ide kreatif dan mengambil semua langkah serta mampu mengubahkan menjadi suatu hal yang menjadi kenyataan. Seorang entrepreneur akan bertindak dalam membangun sebuah usaha di bidang tertentu yang nantinya berpeluang untuk menarik konsumen di pasaran dan bersaing dengan para kompetitor lainnya.

Wagub berharap kepada perguruan tinggi termasuk IKPN Bukittinggi bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam percepatan vaksinasi. “Dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahaya COVID-19 dan mensukseskan vaksinasi,” imbuhnya.

Rektor Evi Susanti mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan jiwa entrepreneur kepada para mahasiswa. “Menjadi mahasiswa sambil bekerja hingga saat ini memiliki usaha sendiri sudah tidak asing lagi. Ini sudah menjadi sandaran pokok hidupnya,” sebutnya.

Menjalankan bisnis bukanlah ajang coba-coba yang bisa dilakukan tanpa mempunyai perencanaan. Maka dari itu langkah awal dalam memulai bisnis harus mencari tahu siapa target pasar dari usaha yang akan dijalankan. “Pebisnis yang sukses adalah orang-orang yang mampu memanfaatkan momen sekitar, dan pintar melihat peluang,” kata Evi.

Kampus IKPN Bukittinggi mengundang Wagub Audy Joinaldy yang juga seorang pengusaha muda sukses, untuk bisa memberikan motivasi kepada mahasiswanya. “Keberhasilan tidak ditentukan oleh IPK, orang yang berhasil adalah membaca peluang, memanfaatkan kondisi dan enterpreneur,” ujarnya.

Kuliah umum ini dikemas secara interaktif, fasilitator mengajukan beberapa pertanyaan untuk menggugah kesadaran mahasiswa dan menyadari metode tepat dan efektif untuk tumbuh menjadi sumber daya manusia untuk bisa menjadi entrepreneur sejati. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama