Dinas Kominfo Kota Solok Adakan Bimtek bagi Wartawan

 Peserta bimtek foto bersama


KOTA SOLOK - Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar bimbingan teknis wartawan dengan tema sinergi media dan pemerintahan sebagai mitra dalam kemajuan daerah di ruang pertemuan D’Relazion Resto & Cafe, Jumat (26/11/2021).

Ketua pelaksana, Beny Junaidi menyampaikan, bimtek dalam rangkaian CommuniAction baru pertama kali diadakan Diskominfo Kota Solok setelah dua tahun pandemi Covid-19. Diharapkan acara ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu bagi peserta bimtek khususnya para wartawan.

Pemateri, Asrinaldi menyempaikan terkait peran kontrol dan diseminasi pers dalam proses pembangunan, dalam hal ini pers adalah salah satu pilar negara demokrasi.

Pemerintah membutuhkan media massa sebagai perantara menyebarluaskan informasi kebijakan dan program-program pembangunan agar masyarakat bisa mengetahui dan mengaksesnya. Selain itu, Asrinaldi juga menegaskan perlunya perkuatan sinergi antara pemerintah dengan media massa.

Dalam pembuatan dan pengambilan keputusan, pemerintah memerlukan wartawan untuk mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya yang ada di lapangan saat itu. Sehingga nantinya pemerintah tidak keliru dalam mengambil keputusan.

“Apabila pemerintah salah mengambil keputusan, maka akan ada beribu, berpuluh ribu bahkan jutaan rakyat yang akan terdampak karena keputusan tersebut, karenanya pemerintah perlu berhati-hati menganalisis informasi salah satunya melakukan sinergi dengan media,” tegas Asrinaldi

Kepala Bidang IKP, Yon Hasdian menyampaikan perlu bagi para jurnalis dan wartawan untuk mengerti dan memahami betapa besarnya peran media terhadap kehidupan masyarakat.

Katanya fakta-fakta yang ada di lapangan harus secara tepat diolah dan dianalisis menjadi sebuah berita agar masyarakat dapat secara cepat dan tepat mengetahui fenomena dan kejadian yang terjadi. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama