DLH Dharmasraya Kirim Alat Berat, Sampah Berserakan Dibersihkan



Alat berat bersihkan sampah yang berserakan di jalan


DHARMASRAYA-Sampah yang tidak terurus hingga berserak ke ruas jalan pada tempat pemrosesan akhir sampah (TPAS) yang berada di Jalan Aur Jaya Sitiung 5, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Senin (29/11/2021) dibersihkan.

Dinas Lingkungan  Hidup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengirim alat berat ke lokasi. Sampah dilakukan  penataan, sehingga tidak lagi meluber ke jalan lintas.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup,  Silaturahim di ruangan kerjanya. Dia mengatakan, sampah yang berserakan berapa waktu lalu  di TPAS telah dibersihkan.

Ditambahkannya, penangan sampah tersebut memang kewenanga Dinas Lingkungan Hidup. "Sebenarnya, luas lahan TPAS di sana 14 ribu meter persegi. Sampah dalam satu bulan penuh dan terus bertambah dan alat berat yang beroperasi di sana hanya satu kali dalam sebulan," kata dia.


Kondisi sebelum dibersihkan

Dia menjelaskan, sampah meluber hingga ke ruas jalan tersebut karena keterbatasan alat berat. Alat berat yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup ada tiga unit. Dua dalam kondisi rusak. Praktis cuma satu yang digunakan. "Artinya, harus antre dalam menggunakan alat tersebut," kata dia.

Sampah yang menumpuk di pinggir jalan, digeser dan dilakukan penimbunan dengan tanah. "Setelah dipadatkan, kemudian ditimbun lagi dengan sampah," katanya. 

Dijelaskan Silaturahi, idealnya alat berat harus stand by di lokasi TPAS tersebut. Ke depan, Dinas Lingkungan Hidup bersama pihak terkait akan bekerja sama, sehingga kejadian  melubernya sampah ke jalan tidak terulang. (eko)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama