Kata Kreatif Indonesia, Tanah Datar Layak Masuk Lima Besar

 Bupati Tanah Datar berikan pemaparan dalam penilaian kabupaten dan kota kreatif. (humas)


BATUSANGKAR-Kabupaten Tanah Datar layak masuk lima besar kabupaten/kota (Kata) Kreatif Kemenparekraft 2021. Tanah Datar telah ditetapkan menjadi kabupaten kreatif di bidang seni pertunjukan, berdasarkan berita acara uji petik yang dilakukan Badan Ekonomi Kreatif pada Maret 2019 yang lalu.


Di Tanah Datar ada 150 sanggar yang tersebar pada 75 nagari atau desa, 52 sanggar di antaranya sudah berbadan hukum dan bernaung dalam organisasi bernama Komunitas Seni Luhak Nan Tuo.

Hal itu dikatakan Bupati Eka Putra, Senin (22/11/2021) di Indojolito,  ketika penilaian tahap akhir Kata Kreatif 2021 yang diberikan Kemenparekraft RI kepada kabupaten dan kota se Indonesia yang masuk penilaian dan salah satunya Tanah Datar.

Dikatakan Eka Putra, di Tanah Datar salah satu program unggulan (progul) yang telah dituangkan dalam RPJMD, adalah Satu Nagari Satu Event. “Di Tanah Datar ada 75 nagari atau desa. Artinya, dalam setahun ada 75 event di tingkat nagari yang mengangkat budaya dan kearifan lokal,” ujarny yang dikutip dari Prokopim.

Eka Putra menambahkan, event yang ada di Tanah Datar mengedepankan kebudayaan dan kearifan local. Artinya, secara otomatis, event tidak hanya menghimpun orang banyak, event bukan sekedar eforia pesta semata, melainkan event adalah salah satu cara pelestarian alam dan pelestarian budaya.

“Beberapa event di tingkat desa atau nagari di Sumatera Barat yang sudah dilaksanakan di antaranya, Galundi Singkarak Festival, Festival Pesona Adat Nagari Puncak Pato, Festival Pesona Ngalau Pangian, Batipuh Culture, Festival Pesona Sumpu, pacu perahu, pacu jawi, pacu biduak, alek anak Nagari Andaleh Baruh Bukik, dan berbagai event menarik lainnya,” tambah Eka Putra.

Eka Putra menyampaikan jika event ini jalan, maka akan berdampak terhadap subsektor ekonomi kreatif. Secara otomatis, fotografer, konten kreator, videographer, desain grafis, kuliner, fashion, musik dan lain sebagainya akan hidup dan berkembang. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama