Kejar Target, Payakumbuh Vaksinasi Door to Door

 Petugas datangi warga untuk divaksin


PAYAKUMBUH-Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara door to door di Payakumbuh telah mulai dilaksanakan sejak beberapa hari ini. Tim vaksinator dari delapan puskesmas mendatangi warga ke rumah, warung, maupun lokasi lainnya yang bisa memfasilitasi mereka untuk mendapat vaksin.


Wali Kota Riza Falepi, Senin (8/11/2021) menyampaikan, meski target nasional herd immunity di Desember, dirinya selaku pengambil kebijakan ingin bekerja cepat dan efektif, ditambah saat ini Payakumbuh sudah berstatus zona hijau.

"Kalau bisa dikejar target 70 persen ini dalam tiga minggu ke depan kenapa tidak? Lagian stok vaksin kita sudah memadai. Menyelamatkan banyak nyawa masyarakat dari bahaya Covid-19 adalah prioritas kita," kata Riza.

Riza mengimbau semua elemen untuk saling bersinergi menyukseskan program vaksiansi gratis ini. Dengan begitu, Riza bisa mengambil kebijakan selanjutnya terkait aktivitas masyarakat, termasuk belajar tatap muka full yang diidamkan insan pendidikan yang sudah ditiadakan selama hampir dua tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Bakhrizal Dt. Tumangguang mengatakan, vaksinasi door to door ini diharapkan bisa menjawab keluhan masyarakat yang selama ini merasa lama mengantre saat ikut gebyar vaksinasi karena banyaknya peserta mendaftar di satu titik, sementara mereka harus meninggalkan usahanya demi mendapat vaksin.

"Dengan vaksinasi door to door ini, warga pedagang tidak perlu khawatir meninggalkan galehnyo karena sudah didatangi petugas vaksinator ke kelurahan langsung," kata Bakhrizal.

Dia menyampaikan, saat ini capaian vaksinasi hingga minggu pertama November sudah 60 persen untuk dosis pertama, targetnya hingga minggu terakhir November, vaksinasi sudah mencapai 70 hingga 75 persen.

Dijelaskannya, vaksinasi door to door ini diharapkan bisa menjangkau warga ber-KTP Payakumbuh, selama ini saat gebyar vaksinasi di beberapa lokasi pihaknya juga memfasilitasi warga luar daerah, sehingga catatan realisasi terhitung masuk ke data capaian daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Dasril menyampaikan, di Payakumbuh jumlah siswa berumur 12 tahun ke atas 10.090 orang, dimana jumlah siswa yang telah divaksin 7.924 orang atau 78,53 persen. Masih ada 2.166 orang siswa atau 21,47 persen yang belum divaksin.

Sekolah yang persentase siswanya sudah divaksin di atas 70 persen ada 66 SD dan 15 SMP, sementara itu yang persentase siswanya sudah divaksin sekitar 35 persen hingga 69 persen ada 7 SD dan 5 SMP. Sementara itu sekolah yang persentase siswanya sudah divaksin masih di bawah 35 persen ada 8 SD. (CAN)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama