Ketua TP-PKK: Hukum Berat Pelaku Kekerasan Seksual Anak


 Harneli Bahar


PADANG-Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sumbar, Harneli Bahar meminta aparat penegak hukum menjatuhkan sanksi berat para pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

Pernyataan itu disampaikan Harneli mengingat maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak di Sumbar akhir-akhir ini. TP PKK Sumbar mendukung upaya seluruh pihak untuk mengusut kasus-kasus yang ada hingga tuntas.

“Tim Penggerak PKK mendukung usaha pemerintah melalui kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan dinas terkait dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak di Sumbar. Terutama kasus kakak-adik yang di antara pelaku merupakan keluarga sendiri,” kata Harneli, Senin (29/11/2021) yang dikutip dari siaran pers Biro Adpim Setdaprov Sumbar.

Menurutnya, hukuman maksimal pada pelaku akan memberikan rasa keadilan dan perlindungan kepada korban. Bahkan, akan membantu pemulihan kondisi fisik dan psikhologis bagi korban dan keluarganya.

Tim Penggerak PKK Sumbar juga meminta semua lapisan masyarakat agar ikut memantau kasus-kasus yang sedang ditangani aparat penegak hukum. Selain itu, ikut mendukung penanganannya.

“Mengajak semua pihak bersama-sama meningkatkan peran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Ini salah satu upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” tutur Harneli.

Seluruh jajaran pengurus  PKK, kader hingga kelompok Dasawisma di Sumbar diingatkan agar dapat menjadi contoh tauladan ke depannya. Seluruhnya harus menambah frekuensi edukasi kepada masyarakat.

“Ini demi meningkatkan ketahanan keluarga sebagai basis dalam menjaga keamanan serta meningkatkan ketahanan lingkungan dan masyarakat dari kasus kekerasan,” katanya. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama