KTP Direkam di Rumah, Selesai Diantar Pula


 KTP yang selesai dicetak diantar ke rumah warga. (prokopim)


BATUSANGKAR-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mendekatkan pelayanan pemerintahan dengan masyarakat. Warga tak perlu repot untuk perekaman KTP elektronik. Petugas yang datang ke pemukiman warga. Selesai KTP dicetak, langsung pula diantar. Tak tahu apa yang disebut lagi ini ha, pelayanan sudah mantap benar.

Layanan itu guna mendukung program unggulan (progul) Tanah Datar di bidang peningkatan pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan pada wilayah yang jauh dari ibukota, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bentuk Tim Reaksi Cepat Perekaman dan Pencetakan KTP-elektronik.

"Tim reaksi cepat melakukan jemput bola perekaman dan pencetakan KTP-el ke rumah penduduk berkebutuhan khusus, lansia, dan memiliki masalah kesehatan seperti terbaring sakit, uzur dan lainnya," kata Kepala Dinas Dukcapil Armen Yudi yang dikutip dari prokopim, Sabtu (27/11/2021).

Armen menambahkan, mendukung pelayanan administrasi bupati terbitkan Surat Edaran Nomor : 470/487/Dukcapil-2021 tentang Sistem Administrasi Kependudukan Tanah Datar tertanggal 22 November 2021. 

"Dalam surat edaran tersebut ada lima poin utama, dimana poin utamanya, pelayanan secara online melalui aplikasi oase dukcapil dan WhatsApp, pelayanan offline atau langsung ke dinas, kemudian bagi masyarakat yang tidak bisa akses aplikasi, dibantu petugas registrasi nagari," ujarnya.

Armen mengatakan, dokumen kependudukan merupakan salah satu hak seluruh penduduk dan warga negara yang bersifat universal tanpa kecuali. 

"Akibat keterbatasan fisik maupun mental, masih banyak penduduk yang tidak dapat datang ke lokasi perekaman KTP-El di Dinas Dukcapil ataupun ke Kecamatan terdekat sehingga mereka tidak memperoleh dokumen kependudukan semestinya, disinilah peranan tim ini sebagai penjemput bola ke tengah masyarakat," ungkapnya. 

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Dinas Dukcapil Kartoni menambahkan, kegiatan Tim Reaksi Cepat sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, namun semenjak Agustus 2021 sudah kembali dilaksanakan dan menyisir beberapa kecamatan di Tanah Datar. 

"Tim reaksi cepat ini telah menjemput bola ke Kecamatan X Koto, Batipuh, Lima Kaum, Tanjung Emas, Sungayang, Sungai Tarab, Salimpaung dan Tanjung Baru dan telah mencetak 95 KTP-El dan akan menyasar seluruh kecamatan di Tanah Datar," tukasnya. 

Kartoni menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki dan melakukan perekaman KTP-El dan tidak bisa datang ke lokasi perekaman KTP-El karena sakit atau berkebutuhan khusus, dapat menghubungi Wali Jorong dan Petugas Registrasi Nagari masing-masing nagari. 

"Bagi yang belum memiliki dan melakukan perekaman KTP - El bisa ke wali jorong ataupun ke petugas registrasi nagari atau bisa menghubungi Dinas Dukcapil melalui WA ke 08116600678 dengan menyebutkan nama dan lokasi rumah penduduk tersebut untuk dikoordinasikan dengan Wali Nagari dan Kepala Jorong," pungkas Kartoni. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama