Manokwari Selatan Rayakan HUT, Bupati Ucapkan Terima Kasih

 Perayaan HUT Manokwari Selatan


MANOKWARI SELATAN-Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran mengucapkan terima kasih pada masyarakat. Lantaran masyarakat pemerintahan ada. Lantaran masyarakat pula ada pemimpin daerah.

Hal itu dikatakan bupati dalam peringatan HUT ke-9 Kabupaten Manokwari Selatan di lapangan Lahai Roi, Ransiki, Selasa (16/11/2021). 

"Kalau tak ada masyarakat ,kau tak jadi tokoh. Tak ada masyarakat, saya tak jadi bupati. Oleh karena itu, ada masyarakat, ada pemerintah. Hadir kabupaten ini,” katanya.

Markus Waran menyatakan, pernyataan itu sebagai bagian dari penjelasan jika ada yang bertanya kenapa tak ada pembacaan sejarah pemekaran Manokwari Selatan dalam upacara peringatan HUT ke-9.

Pemkab, ungkapnya, sudah menulis tentang sejarah pemekaran. Tapi, terjadi tarik ulur karena ada merasa yang sebagai yang paling utama. “Sebenarnya kita pemekaran mau apa? Mau membanggakan diri, marga, kelompok tertentu, ataukah?” ujar bupati tanpa menyelesaikan pernyataannya.

“Yang jelas kita hargai tokoh-tokoh pejuang pemekaran. Tetap kita buat (sejarah pemekaran) itu. Tapi, saya harap, saya harap, selaku bupati kapasitas Dewan Adat, kita duduk bicara, para-para adat, terus kita tulis. Buat buku sejarah. Jangan tarik ulur, angkuh. Ini bilang dia yang ini, dia yang pertama, dia yang duduk di pingir-pinggir. Kapan selesainya?” kata bupati.

Bupati mengatakan, tidak mengabaikan tim pemekaran. “Nanti dewan adat daerah terbentuk, nanti kita undang. Tempat pertama pengusulan pemekaran akan jadi kantor dewan adat dan akan dibangun tugu di dalamnya,” beber bupati.

Bupati mengatakan, pada awalnya tidak ada pemekaran Manokwari Selatan, karena tergabung dengan Pegunungan Arfak. Tapi berkat kegigihan sejumlah tokoh, termasuk yang kala itu sedang sakit malaria dan dukungan Bupati Manokwari (saat itu Dominggus Mandacan, kini Gubernur Papua Barat-red), akhirnya Manokwari Selatan juga mekar.

Bupati mengajak semua bersatu bangun Tanah Papua, Papua Barat, Manokwari Raya dan Manokwari Selatan. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama