Mau Ikut Minang Geopark Run di Payakumbuh, Ini Alamat Daftarnya

 Desmon Corina 


PAYAKUMBUH-Geliatkan kembali pariwisata, Dinas Pariwisata Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Payakumbuh akan menyelenggarakan Minang Geopark Run 2021 pada 20 November mendatang.

Kadisparpora Payakumbuh, Desmon Corina mengatakan kegiatan tersebut nantinya akan melalui rute-rute destinasi wisata guna memperkenalkannya kepada seluruh penjuru dunia serta peserta yang ikut melalui virtual run bisa juga menyaksikan keindahannya secara langsung.

"Ini merupakan kegiatan provinsi, kita (Disparpora Kota Payakumbuh-red) memfasilitasi saja, diharapkan dengan kegiatan ini bisa membangkitkan kembali perekonomian masyarakat," kata Desmon Corina usai rapat persiapan di balai kota, Selasa (9/11/2021).

"Untuk perizinan akan diurus oleh Dinas Pariwisata Provinsi. Kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengingat pesertanya berasal dari seluruh Indonesia," tambahnya.

Desmon menyebutkan, karena saat ini masih dalam kondisi Covid-19, seluruh peserta wajib menunjukkan bukti telah divaksin melalui aplikasi PeduliLindungi. Sebelum kegiatan dimulai semuanya akan dilakukan tes rapid antigen.

"Untuk rapid antigen akan dilakukan didua lokasi, di balai kota dan di Disparpora yang dimulai sehabis Shalat Jumat yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Payakumbuh. Kalau didapati ada peserta yang positif maka akan dikarantikan, dan tidak boleh mengikuti kegiatan," terangnya.

Kabag Ops Polres Payakumbuh, Kompol Khairil Meidians berpesan kepada penyelenggara agar secepatnya menyelesaikan pengurusan perizan untuk kelancaran acara nantinya.

"Perizinan itu perlu, jangan sampai nantinya persiapan sudah matang, karena lalai dalam pengurusan surat menyurat acaranya sampai gagal. Jadi percepatlah pengurusannya karena acaranya tinggal menghitung hari," ucapnya.

Perwakilan event organizer Minang Geopark Run 2021 Ihsan mengatakan kegiatan tersebut dibagi kedalam tiga kategori, ultra marathon, relay 4 Mix dan lari 10K.

Disebutkan Ihsan, pada kategori ultra marathon juara satu akan memperoleh hadiah Rp6 juta, juara dua Rp5 juta, juara tiga Rp4 juta dan juara empat Rp3 juta.

Untuk relay 4 mix juara satunya memperoleh Rp7 juta, juara dua Rp5 juta, juara tiga Rp4 juta, juara empat Rp3 juta dan juara lima Rp2,5 juta.

Sedangkan untuk yang 10K juara satu memperoleh Rp5 juta, juara dua Rp3 juta, juara tiga Rp2 juta, juara empat Rp1 juta dan juara lima memperoleh Rp750 ribu.

"Untuk pendaftaran masih dibuka sampai 10 November, peserta bisa mengunjungi situs https//:minang.geoparkrun.com," ucapnya. (CAN)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama