Menteri Perhubungan Targetkan Bandara Rokot Selesai Agustus 2022

 Menteri Perhubungan dan wagub kunjungi Bandara Rokot.


MENTAWAI-Menteri Perhubungan Karya Sumadi bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy tiba di Bandara Rokot di Mentawai, Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan menggunakan helikopter Bell-429, Sabtu (20/11/2021).

Kedatangan rombongan menteri disambut Bupati Mentawai, Yudas Sabagggalet, Wakil Bupati Kortanius Sabeleake dan jajaran forkopimda serta tamu undangan lain. 

Menteri Perhubungan menyampaikan, sesuai perintah Presiden Joko Widodo pihaknya bertekad membangun konektivitas ke wilayah daerah terluar, salah satunya di Kepulauan Mentawai. 

Hal itu dilakukan untuk mendukung pariwisata di Kepulauan Mentawai. Menteri memberikan apresiasi terhadap kerjasama pemprov dan pemkab dalam mewujudkan pembangunan di Mentawai. "Dengan kekompakan inilah percepatan pembangunan bandara terus berjalan, sehingga nantinya Mentawai menjadi suatu daerah tujuan wisata yang luar biasa," kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Penyelesaian bandara ini, direncanakan selesai Agustus 2022. Menteri Perhubungan mengintruksikan pihak pelaksana proyek agar menambah peralatan dan pekerja. Sehingga penyerapan pekerjaan lebih cepat. 

Setelah pengerjaan Bandara Rokot selesai,  Menteri Perhubungan itu berencana mengundang Presiden Joko Widodo ke Bandara Rokot. Apalagi bandara telah didukung dengan pembangunan trans Mentawai di Pulau Sipora itu. 

"Insya Allah kita akan mengundang Presiden Joko Widodo ke sini meresmikan karena di sini juga ada Trans Mentawai," ungkapnya.

Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengucapkan terima kasih atas kunker menteri ke Sumbar, khususnya ke Kepulauan Mentawai.  "Dari total 16 menteri, baru Pak Menteri yang baru ke Mentawai," ujar Audy Joinaldy.

Selama perjalanan ke Mentawai menggunakan helikopter, wagub menyatakan Menteri Perhubungan berkeinginan agar Bandara Rokot di Mentawai cepat selesai dari rencana sebelumnya. 

Menurutnya, upaya itu sangat membantu sebagaimana background Mentawai adalah pariwisata. Artinya selama ini ekonomi masyarakat bergantung kepada Wisatawan. 

"Insya Allah, Agustus selesai. Kalau bisa kita adakan upacara bendera 17 Agustus di sini Pak Bupati," tambahnya. 

Ia menyebutkan, provinsi saat ini telah memiliki transportasi yang terimigrasi. Pasalnya, Bandara Internasional Minangkabau telah bisa diakses oleh alat transportasi kereta api. 

"Kita optimis, selesainya Bandara Rokot ini akan membuat pariwisata Mentawai bangkit," ujarnya dalam siaran pers Biro Adpim Pemprov Sumbar.

Bupati Yudas Sabaggalet mengakui, ini sejarah baru bagi Kabupaten Kepulauan Mentawai. Baru pertama kali ada menteri ke Mentawai.  "Dengan perhatian Pak Presiden dan Pak Menteri kami optimis ke depan untuk lepas dari status 3T, kuncinya ada andara," ujarnya. 

Menurutnya, dengan program trans Mentawai sebagai penghubung antar pulau, tetapi masih terbatas kondisi antara pulau satu ke pulau yang lain.  Melalui itu pihaknya bertekad menghubungkan antar pulau tersebut yang sentralnya berada di bandara. 

Ia mengatakan, Mentawai merupakan satu-satunya daerah 3T di Sumatera Barat. Maka melalui itu, pihaknya bersama gubernur untuk melepaskan status 3T tersebut. 

Menurut Yudas kedatangan, kunjungan Menteri Perhubungan itu merupakan berkah bagi Mentawai. Meski sebelumnya Dirjen Perhubungan telah kunker ke Mentawai dalam memperkuat barisan dalam menyelesaikan Bandara Rokot. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama