Tanah Datar Adopsi Program Bajak Gratis Pemkab Gorontalo


 Wakil Bupati Tanah Datar pimpin studi banding ke Gorontalo


GORONTALO-Guna percepatan mewujudkan program unggulan (progul), Wabup Richi Aprian studi komparatif ke provinsi dan Kabupaten Gorontalo untuk terlaksananya progul bajak gratis di Tanah Datar pada tahun depan.  

Pemerintah provinsi dan kabupaten Gorontalo salah satu pelaksana program bajak gratis yang berjalan sukses dalam menyejahterakan masyarakat, untuk itu pemerintah Tanah Datar juga menjadikan bajak gratis  sebagai progul dan perlu dilakukan adopsi seluruh proses terwujudnya program tersebut, kata wabup Richi Aprian saat kunjungan ke kantor Brigade Alsintan, Desa Molowahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Senin (8/11/2021).

 Wabup didampingi  Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Sekretaris BKD Wina, Kabid Tanaman Pangan Wel Emra disambut baik Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Muljady Mario dan jajaran. 

"Kehadiran kami ke Brigade Alsintan Gorontalo bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani melalui Brigade Alsintan, bajak gratis dan pengembangan jagung, salah satu progul kepemimpinan kami" kata Richi yang dikutip dari akun prokopim.

Wabup menambahkan,  sebelum kunjungan ke Gorontalo, Pemkab Tanah Datar juga telah mengundang Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo untuk menjadi narasumber forum konsultasi publik rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) Tanah Datar melalui virtual zoom pada Maret lalu, ini dilakukan karena Pemkab Gorontalo dinilai sukses dengan program inovasi Brigade Alsintan dan bajak gratis yang diterapkan.

 “Kisah sukses ini menjadi pembelajaran yang baik bagi kami di Kabupaten Tanah Datar, untuk itu kehadiran kami akan mengadopsi program ini," katanya.

Wabup menjelaskan hampir 70 persen masyarakat Tanah Datar merupakan petani, sektor pertanian merupakan penyumbang PDRB terbesar di Tanah Datar, sekaligus sebagai program unggulan, sekali lagi untuk itu kami datang melihat langsung serta belajar sistem pengelolaan Alsintan di Gorontalo. 

Kadis Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario menyambut baik kehadiran wakil bupati dan rombongan. "Inilah alsintan dengan program bajak gratis kami. Kami juga masih belajar, dan juga butuh masukan dari semua pihak untuk kesempurnaan program ini," ungkapnya.  

Muljady tambahkan, untuk segala sesuatu mulai dari perencanaan, penganggaran dan sampai berjalan saat ini, silahkan adopsi semoga bisa diterapkan di Tanah Datar. 

Usai mengunjungi kantor Brigade Alsintan, wakil bupati dan rombongan langsung lakukan kunjungan ke lokasi bajak gratis yang terletak di Desa Reksonegoro, Kecamatan Dunggala, Kabupaten Gorontalodan diakhiri dengan kunjungan ke PT Seger Pangan Sejahtera dan PT Charoen Pokphand Indonesia sebagai perusahaan eksportir jagung di Gorontalo. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama