Wali Kota Solok Sampaikan RAPBD 2022


Wali Kota Zul Elfian


KOTA SOLOK-Wali Kota Zul Elfian Umar menyampaikan nota penjelasan Ranperda tentang APBD 2022 dalam sidang paripurna DPRD Kota Solok yang dipimpin Ketua DPRD Nurnisma yang didampingi Wakil Ketua Bayu Kharisma, Rabu (10/11/2021)


Wali kota menjelaskan, penyusunan RAPBD telah berpedoman dengan pedoman yang berlaku, kebutuhan anggaran serta menyesuaikan dengan kondisi keberlanjutan pelaksanaan pembangunan daerah.

Penyusunan RAPBD ini juga didasarkan pada usulan dari masyarakat, melalui pelaksanaan musrenbang, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan tingkat kota.

RAPBD 2022 juga mengacu pada kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) 2022 yang telah terlebih dahulu disepakati antara pemerintah kota dengan DPRD pada 1 September yang lalu.

Wali kota menyampaikan, pengalokasian anggaran belanja diutamakan untuk membiayai prioritas pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2022, yaitu pembangunan mental masyarakat dengan pengamalan agama dalam kehidupan bermasyarakat, penataan kawasan pasar, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, pengembangan potensi unggulan daerah, peningkatan pembangunan SDM dan pelayanan dasar, optimalisasi dan penataan ruang dan penyedian infrastruktur kota berwawasan lingkungan dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Agar pelaksanaan APBD dapat berjalan lebih efektif dan efisien, pihaknya juga mengharapkan pemantauan dan pengawasan dari seluruh komponen masyarakat melalui wakil-wakilnya di DPRD. 

"Kami harapkan rangkaian proses dapat berjalan baik dan lancar sehingga dapat disetujui bersama dan dievaluasi gubernur nantinya," katanya. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama