Bedah Rumah Presisi Polres Inhu Dimulai


 Kapolres letakkan batu pertama pembangunan rumah bagi warga kurang mampu.


INHU-Program bedah rumah yang dijanjikan Kapolres Indragiri Hulu dimulai di Kecamatan Lirik. Bedah rumah itu merupakan pembuktian atas ucapan yang disampaikan kapolree beberapa waktu lalu.

Kapolres AKBP Bachtiar Alponso menyatakan, Polres Inhu akan melaksanakan kegiatan sosial dan kemanusiaan berupa bedah rumah Presisi Polres Inhu untuk seluruh wilayah kabupaten.

Program itu pertama kalinya dilaksanakan di Desa Pasir Sialang Jaya (PSJ) Kecamatan Lirik. Rumah yang dibedah milik Ica Kusmoyo, warga kurang mampu yang selama ini menempati rumah tak layak huni. Rumah berdinding seng bekas, atap daun, lantai tanah dengan ukuran 3 X 4 meter yang sudah dihuninya selama tujuh tahun bersama keluarganya

Pembangunan rumah Ica Kusmoyo ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kapolres Inhu, Kamis (10/12/2021) yng disaksikan Plt Camat Lirik, Sugeng Misman, Kepala Desa Pasir Sialang Jaya Syamsir serta puluhan warga setempat.

Kapolres mengatakan, bedah rumah Presisi Polres Inhu ini merupakan program inisiatifnya sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang masih menempati rumah tak layak huni karena keterbatasan ekonomi.

Meski program tersebut baru dicetuskan beberapa waktu lalu, namun bisa dilaksanakan secepatnya, meski sebelum ini. Kapolres Inhu telah membedah dua rumah pada dua lokasi, Desa Bongkal Malang dan Desa Dusun Tua Kecamatan Kelayang, namun tidak termasuk dalam program bedah rumah Presisi Polres Inhu.

Sesuai rencana awal, lanjut Kapolres, bedah rumah ini akan dilaksanakan pada desa terpilih di seluruh kecamatan setiap bulannya, dengan alokasi anggaran Rp 45 juta untuk masing-masing rumah, sedangkan sumber anggaran berasal dari para donatur, seperti perusahaan-perusahaan swasta setempat dan lainnya.

Jika anggaran yang terkumpul dari donatur tersebut berlebih atau melewati budget yang ditentukan, maka di desa atau kecamatan itu bisa dilaksanakan bedah dua rumah sekaligus atau bisa juga disumbangkan untuk masjid, mushala, gereja atau yayasan amal lainnya.

Proses pengajuan target rumah yang akan dibedah, anggota Bhabinkamtibmas akan mencari rumah warga yang dianggap pantas menerima program ini, kemudian dilaporkan ke Kapolsek masing-masing, selanjutnya, kapolres menentukan satu rumah.

Dikatakan Kapolres, rumah Ica Kusmoyo, akan dibangun permanen dengan ukuran 6 X 6 meter atau tipe 36.

Ica Kusmoyo, selaku penerima program bedah rumah Presisi Polres Inhu dengan mata basah tanda haru mengucapkan terima kasih pada Kapolres Inhu yang telah ikhlas membantunya untuk mewujudkan pembangunan rumah layak huni, rumah permanen yang telah lama diidam-idamkannya.

Sementara Plt Camat Lirik dan Kepala Desa Pasir Sialang Jaya mengucapkan terima kasih tak terhingga pada Kapolres Inhu serta jajaran yang telah membuat program bedah rumah Presisi Polres Inhu. (ES)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama