Bermain Sabar, Kunci Kemenangan Indonesia


 Pemain Indonesia selebrasi setelah mencetak gol. (pssi.org)


SINGAPURA-Bermain lebih sabar dengan umpan-umpan lebih terukur, timnas Indonesia meraih kemenangan kedua pada lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021).

Selain itu, berbeda saat menang 4-2 atas Kamboja di laga perdana di mana fisik menjadi sorotan, kali ini kendala itu mulai teratasi. Terbukti hingga peluit akhir, fisik skuad Shin Tae-yong terus membaik.

Hasilnya Indonesia menang 5-1 atas Laos. Indonesia juga menguasai pertandingan sebanyak 74,1 persen. Sedangkan Laos 25,9 persen.

Kemenangan itu makin berharga setelah Irfan Jaya meraih man of the match. Sebelumnya di laga melawan Myanmar, Ricky Richardo Kambuaya juga meraih hal yang sama.

Pada laga itu, lima gol Indonesia dilesakkan Asnawi Mangkualam Bahar melalui titik putih pada menit ke-23. Irfan Jaya 35, Witan Sulaiman 56, Ezra Wallian 77 dan kapten Evan Dimas 84. Sedangkan satu-satunya gol Laos dilesakkan Kydavone Souvanny, 41.

"Saya kira permainan kita makin bagus. Ada evaluasi setelah di laga perdana, di menit ke-65 fisik sudah kendur. Akibatnya umpan-umpan menjadi tidak terukur. Saya mendapat laporan dari Shin Tae-yong dan Indra Sjafri soal perbaikan saat melawan Laos nanti. Hasilnya bisa kita lihat saat ini," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang dikutip dari laman resmi PSSI.

Dalam laga ini, beberapa pemain yang tidak diturunkan saat melawan Myanmar, hari ini diturunkan. Seperti Elkan Baggott, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Rizky Ridho, dan Ernando Ari Sutaryadi.

Fachruddin sempat cedera ringan saat latihan di Singapura. Sedangkan pemain lainnya baru menyusul ke Singapura karena harus memperkuat timnya masing-masing.

"Saya kira setelah pemain komplit, timnas kita akan semakin kuat. Apalagi nanti kalau Egi Maulana Vikri juga bergabung. Kita berharap hasil yang terbaik saat melawan Vietnam dan Malaysia nanti," imbuh Iriawan.

Indonesia akan menghadapi Vietnam (15/12) dan Malaysia (19/12) pada laga terakhir Grup B. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama