Bersemi di Masa Pandemi



Oleh Fitriany Febby Adiana Gustariny

(Guru ekonomi  SMA Negeri  2 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)


Bersemi


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2007:809) ‘semi’ berarti tunas. ‘Bersemi’ diartikan tumbuh, bertunas, tumbuh meninggi, berpucuk.  Bila dikaitkan dengan pembelajaran peserta didik diharapkan  tumbuh dan berkembang ke arah lebih baik, baik dari segi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Selain makna KBBI di atas ‘Bersemi’ adalah akronim dari Belajar Sejarah dan Ekonomi.  Belajar Sejarah dan Ekonomi maksudnya selain membelajarkan peserta didik tentang pelajaran ekonomi juga pelajaran sejarah. 

Di Masa Pandemi

Menurut KBBI (2007:203) arti ‘di, (1) kata depan untuk menandakan tempat, (2) kata depan untuk menandakan waktu, (3) akan, kepada, (4) dari. Sementara ‘masa’ menurut KBBI (2007:561) bermakna (1) waktu; ketika; saat; sewatu-waktu, (2) jangka waktu, (3) jangka waktu tertentu. 

Selanjutnya pandemi artinya wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah yang luas (KBBI, 2007:643).  Terkait dengan pandemi, sejak akhir tahun 2019 hingga tahun 2021 ini dunia dilanda Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap sektor pendidikan, di mana pembelajaran mengalami learning loss (hilangnya pengetahuan dan keterampilan, baik secara umum atau spesifik, atau kemunduran proses akademik akibat faktor tertentu)

Jadi maksud Bersemi di Masa Pandemi diharapkan peserta didik bertunas dan tumbuh berkembang melalui pembelajaran, terutama dalam pembelajaran ekonomi dan sejarah meski dalam keadaan pandemi Covid-19. Diharapkan dengan “Bersemi” peserta didik tidak mengalami Learning Loss

Pantun Bersemi

Mengapa pembelajaran ekonomi, tentu saja karena penulis adalah guru ekonomi. Pertanyaan, mengapa pembelajaran sejarah? Tentu saja ada alasan kuat untuk itu.  Makna belajar sejarah adalah belajar bergerak, berubah, dan pembaruan. Pembelajaran sejarah berarti membelajarkan peserta didik untuk bergerak, berubah, dan melakukan pembaharuan ke arah yang lebih baik.  

Bagaimana membelajarkan sejarah dan ekonomi secara bersamaan dalam pembelajaran? Mudah saja, salah satunya melalui pantun.  Saat ini pantun tidak saja memuat seni sastra terapi juga memuat ilmu pengetahuan lainnya. 

Pantun dapat memuat beragam ilmu, termasuk sejarah dan ekonomi. Lantas bagaimana caranya memadukan Pembelajaran Sejarah dengan Ekonomi. Jawabnya materi pelajaran disajikan dalam bentuk bahan ajar atau buku pantun  disusun sedemikan oleh guru sesuai kompetensi dasar mata pelajaran sejarah dan ekonomi. Masing-masing bait pantun, sampiran berisi sejarah, isi memuat ekonomi.  Oleh karena itu cara belajar tersebut penulis namakan Pantun Bersemi (pantun belajar sejarah dan ekonomi). 

Mengapa pantun, karena pilihan kata pantun pendek-pendek, namun mengandung makna yang luas bila dipaparkan. Artinya materi  dalam bentuk pantun singkat tetapi padat. Apalagi pembelajaran luring saat Covid-19 adalah sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), dengan waktu tatap muka yang terbatas, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar peserta didik tetap mendapat pembelajaran mencakup tiga aspek (pengetahuan, sikap, dan keterampilan). 

Apalagi dengan Pantun Bersemi peserta mendapat lebih dari satu pengetahuan, yaitu ekonomi dan sejarah.  Khusus sejarah peserta didik ditanamkan  makna penting belajar sejarah, yaitu belajar dari pengalaman masa lalu.  Belajar bergerak, berubah, dan pembaharuan ke arah yang lebih baik.

Cuplikan Pantun 

PANTUN MASALAH POKOK EKONOMI KLASIK

(Dengan Konsep Manusia, Waktu, Ruang dalam Sejarah)

Konsep manusia dalam sejarah

Makhluk individu & Makhluk sosial

Mohon beri jawaban terarah

Masalah pokok ekonomi klasikal


Manusia sebagai makhluk individual

Cirinya unik mudah dikenali

Masalah pokok ekonomi klasikal

Produksi, distribusi, dan konsumsi

dan seterusnya...


PANTUN MASALAH POKOK EKONOMI MODERN

(dengan Kaitan Masa Lalu, Masa Kini, Masa Depan Sejarah Manusia)


Makna dari belajar sejarah

Belajar berubah, bergerak, pembaruan

Ekonomi modern apa sajakah

Mohon kami diberi penjelasan


Perubahan konsep esensial sejarah

Perubahan masa lalu hingga kini

Ekonomi modern apa sajakah

"Apa", "bagaimana", "untuk siapa diproduksi' 

dan seterusnya...


Skenario Pembelajaran

Pelaksanan Pembelajaran dimulai dari Kegiatan Pendahuluan (Prapendahuluan, Apersepsi, Motivasi, Kerangka Acuan), Kegiatan Inti (Penerapan Bersemi di Masa Pandemi), dan Kegiatan Penutup (Menyimpulkan, Evaluasi, Tindak Lanjut, Informasi, Menutup PBM.  

Sebagai  tindak lanjut peserta didik ditugaskan membuat  satu bait  “Pantun Bersemi” disajikan dalam bentuk poster/video. Tugas diupload di media sosial (youtube/tiktok/instagram/facebook/dan lain-lain).  

Bila peserta didik belum memiliki akun media sosial untuk sementara waktu menggunakan akun media sosial guru yang bersangkutan. Jadi, dengan Penerapan Bersemi di Masa Pandemi ini, tidak hanya guru yang berkarya tetapi peserta didik juga  diajak untuk berkarya. Artinya meski di masa pandemi peserta didik tetap bisa belajar dan bahkan berkarya melalui Pantun Bersemi (Pantun Belajar Sejarah dan ekonomi).





Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama