Dinas Kominfo Dumai Studi Banding ke Payakumbuh


 Foto bersama jajaran Kominfo Payakumbuh dengan Kominfo Dumai


PAYAKUMBUH-Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Payakumbuh. Kunjungan ini terkait dengan inovasi yang dilakukan dalam penerapan Smart City di Payakumbuh.

Kedatangan rombongan ini dipimpin Kabid Layanan Infrastruktur E-Goverment Dinas Kominfo Kota Dumai, Mulyono.  Rombongan disambut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi  didampingi Sekretaris Armein Busra, Kabid E-Goverment Rafles Susandi, Kasi Infrastruktur dan teknologi Pipit Anggraini Roesman dan Fungsional Pranata Komputer Nopan Pirsa di ruang rapat, Kamis (9/12/2021). 

Kepala Dinas Kominfo Payakumbuh melalui Sekretaris Armein Busra mengatakan, untuk ukuran Sumatera Barat, Payakumbuh sudah menerapkan beberapa kebijakan dari smart city di antaranya E-kinerja. Kinerja pegawai sudah terekam dalam satu aplikasi mulai dari kehadiran dan kegiatan sehari-hari yang disupport oleh IT dari Diskominfo.

"Kami membangun jaringan sebagai infrastruktur kepada setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Dengan menggunakan sistem aplikasi melalui pemanfaatan teknologi saat ini, sistem kerja akan efektif dan efisien serta menekan tindak kecurangan. Kemudian dari segi pengembangan infrastruktur, Pemko Payakumbuh lebih memilih melaksanakannya melalui swadaya dari tenaga diKominfo , sehingga sangat jauh menghemat anggaran, apalagi di tengah pandemi ini anggaran kita terbatas," katanya

Dia menjelaskan, dari beberapa aplikasi yang pemko buat sudah mendapat pengakuan dan penghargaan dari pemerintah. Ia berharap semoga kunjungan ini dapat bermanfaat dan menjadi momen sharing informasi antara Pemerintah Kota Payakumbuh Dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai dimana nantinya akan dikembangkan dan dijelaskan secara terperinci dalam dialog.

Mulyono mengucapkan terima kasih pada Kepala Dinas Kominfo beserta jajaran karena telah menerima Kunker dari Diskominfo Dumai. Menurutnya tujuan kunker tersebut berguna untuk mendapatkan informasi tentang program kerja Kominfo di Payakumbuh.

Mulyono berharap dengan kunjungan hari ini, ilmu yang didapat bisa dikembangkan demi kemajuan Dumai. "Ini juga bisa sebagai bahan bagi kami untuk rapat dengan OPD nantinya. Kami juga ingin mengembangkan ide-ide kreatif dari OPD terkait demi kemajuan Dumai," katanya. (CAN)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama