Jalan Trans Manokwari ke Mansel Terputus


 Jalan yang terputus akibat ombak


PAPUA BARAT-Ruas jalan di Kampung Wedoni dihantam ombak besar. Banyak kendaraan terhadang, Rabu (7/12/2021).

Jalan Papua Barat yang berada di Kampung Wedoni, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan rusak parah dihantam ombak besar akibat cuaca ekstrim

Jalan itu memperlihatkan talut pengaman pantai rusak parah dihantam sapuan ombak. Hempasannya hingga ke ruas jalan dan menghalangi kendaraan yang akan melinta di jalur yang menghubungkan Manokwari, Manokwari Selatan dan Kabupaten Teluk Bintuni.

Amir, salah satu sopir angkutan umum menuturkan, talud pengaman pantai yang belum tuntas dibangun itu kini patah. Sapuan air laut naik ke ruas jalan yang belum diaspal itu.

“Kita terjebak di antara ruas jalan itu. Harus perlahan melewati bebauan kerikil. Satu persatu kendaraan melintas secara perlahan, itupun cukup sulit dengan hempasan ombak yang begitu kuat hingga menggenangi jalan,” terangnya.

Chandra, sopir lainnya menyebut, material pesisir pantai telah tersapu naik ke permukaan jalan. Hingga sore tadi, ombak masih mengamuk di ruas jalan itu.

“Kemarin sudah mulai ombak, hari ini lebih parah. Untuk melintas, harus pindahkan bebatuan kerikil di jalur lintasan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jika masih terus terjadi, jalur Wedoni dihawatirkan akan putus dan tidak bisa dilalui kendaraan. “Harus buka jalur alternatif sebelah kanan yang jauh dari bibit pantai, untuk antisipasi jika jalur ini putus,” tambahnya. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama