Kepercayaan Masyarakat pada Polri Naik Jadi 80,2 Persen


 Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo  

JAKARTA-Kepercayaan masyarakat terhadap Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo  berdampak positif. 

Hal itu terpotret dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Tingkat kepercayaan publik terhadap polri menyentuh angka 80,2 persen. 

Angka ini tertinggi sepanjang sejarah survei opini publik dalam satu dekade terakhir. Artinya, selama 10 tahun terakhir, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap korps bhayangkara selalu berada di bawah 80 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai, kehadiran Sigit di instansi Polri memberikan angin segar di tubuh polri. Ini ditandai dengan melesatnya kepercayaan publik terhadap Polri. 

"Trust publik terhadap Polri meningkat menjadi 80,2 persen. Ini tertinggi sepanjang sejarah survei opini publik dalam 10 tahun terakhir,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Sigit memimpin Korps Bhayangkara sejak 27 Januari 2021 menggantikan Jenderal Idham Azis. Menurut Burhanuddin tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap polri hingga 80,2 persen mengalahkan lembaga penegak hukum lain. 

Biasanya, tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum selalu menempatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di posisi pertama. Tren ini terjadi sedari 2014 hingga 2018.

"Setelahnya, trust terhadap KPK terus menurun hingga berhimpitan dengan trust terhadap polisi pada survei 2019 dan 2020. Trust terhadap polisi akhirnya menyalip KPK dengan selisih jauh sejak survei terakhir November 2021,” ungkapnya.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 2-6 November 2021. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(SAS/ES)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama