Mental Kuat, Kunci Sukses Indonesia Libas Malaysia


 Pemain Indonesia rayakan kemenangan


JAKARTA-Indonesia akan menghadapi Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Evan Dimas dan kawan-kawan melaju ke empat besar setelah melibas Malaysia.

Mental kuat jadi kunci dalam pertandingan melawan Harimau Malaya itu. Indonesia menang telak atas Malaysia dengan skor 4-1 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Empat gol kemenangan skuad Garuda dilesakkan Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43. Pratama Arhan menit ke-50 dan Elkan Baggott menit ke-82. Sedangkan satu-satunya gol Malaysia dilesakkan Kogileswaran Raj Mohan pada menit ke-13.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan, dirinya sangat senang dengan kinerja yang ditampilkan para pemainnya dalam pertandingan tersebut.

"Pemain bekerja keras dan mencetak banyak gol ke gawang Malaysia. Saya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada para pemain timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong yang dikutip dari laman resmi PSSI.

Kemenangan ini makin lengkap setelah Pratama Arhan terpilih menjadi pemain terbaik. Sebelumnya Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, dan Alfeandra Dewangga Santosa juga pernah meraih predikat itu pada laga sebelumnya. Itu artinya selama empat kali main, pemain Indonesia selalu menyabet man of the match.

Kemenangan 4-1 melawan Malaysia membuat Indonesia menjadi juara Grup B. Skuad Garuda punya poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam, namun unggul agresivitas gol. Pada waktu bersamaan, Vietnam menggulung Kamboja dengan skor 4-0.

"Saya sudah menduga Vietnam pasti bisa menang dengan mudah atas Kamboja. Saya memang harus memperhatikan poin. Kalau poin sama, berlanjut ke selisih gol," tambahnya.

Pelatih asal Korea Selatan juga menyatakan kunci pemainnya bisa berbalik unggul menang telak atas Harimau Malaya.

"Memang sebelum pertandingan selalu ada pertemuan tim, jadi saya tegaskan kepada pemain walaupun kebobolan harus tetap tenang, terus menjalankan instruksi pelatih. Selain itu, kami juga memberikan semangat kepada pemain, agar mereka percaya diri, tidak kalah mental dan tidak boleh kalah saat berduel berebut bola," tukasnya.

Indonesia akan bertemu Singapura dalam dua leg pada laga semi final. Pertama pada 22 Desember 2021, laga kedua 25 Desember 2021. Dua laga tersebut digelar di National Stadium, Singapura. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama